Sangat Bermanfaat, Ini dia 5 Manfaat Daun Katuk Yang Jarang Orang Ketahui - Berita.Lagioke.Net

Sangat Bermanfaat, Ini dia 5 Manfaat Daun Katuk Yang Jarang Orang Ketahui


Banyak sekali jenis tanaman bisa tumbuh subur di Indonesia, karena memang tanahnya yang subur sangat mendukung sekali kebutuhan setiap manusia dalam bercocok tanam. Dan salah satu tanaman yang mungkin tidak banyak disadari oleh masyarakat luas yakni daun katuk.

Tumbuhan katuk memang tak asing lagi bagi wanita hamil ataupun menyusui. Daun ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan wanita hamil atau menyusui. Daun katuk biasa tumbuh secara acak pada bagian batangnya.

Tumbuhan dengan nama latin Sauropus androgynous ini mudah dijumpai di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Daun katuk memiliki segudang manfaat, nggak heran kalau daun katuk telah diproduksi dalam beragam bentuk. Daun katuk sendiri kerap menjadi dasar susu untuk ibu hamil dan menyusui.

Dalam daun katuk, ada banyak kandungan yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Nutrisi yang ditemukan dalam daun katuk di antaranya, vitamin A, B, dan C, lemak, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa daun katuk mengandung efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza.

Dan berikut ini 5 manfaat dari daun katuk

1. Tingkatkan Produksi ASI

Daun katuk bisa meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Kandungan kimia sterol inhalasi memiliki sifat estrogenik, memberikan efek hormonal yang memicu produksi susu. Volume susu setelah mengonsumsi daun katuk bisa meningkat. Senyawa minyak atsiri (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) dipercaya ampuh melembutkan tekstur ASI.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun katuk lainnya adalah kemampuannya menyembuhkan bisul, menghilangkan darah kotor, serta menyembuhkan demam dan influenza. Khasiat daun katuk itu diperoleh dari kandungan zat antioksidan yang paling tinggi di antara beberapa sayuran.Selain itu, daun katuk mengandung banyak vitamin C (lebih tinggi dari jeruk maupun jambu biji) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk untuk meningkatkan ketahanan tubuh, membentuk kolagen, mengangkut lemak, mengatur tingkat kolesterol, menyembuhkan luka, serta meningkatkan fungsi otak agar bekerja maksimal.

3. Meningkatkan Gairah Seksual Pria

Bagi laki-laki yang sudah berumah tangga pastinya memiliki keinginan untuk memuaskan istrinya. Ternyata daun katuk memiliki manfaat untuk masalah tersebut. Kandungan senyawa fitokimia yang terkandung pada daun katuk berkhasiat meningkatkan gairah seksual dan meningkatkan kualitas sperma.

4. Memelihara Kesehatan Mata

Ternyata kandungan vitamin A yang terdapat pada daun katuk juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, lho. Dan kandungan vitamin A daun katuk juga terbilang cukup tinggi, jadi jika kamu mengalami masalah pada mata gak ada salahnya mengonsumsi sayur daun katuk secara rutin.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Khasiat daun katuk lainnya adalah kemampuannya untuk menjaga kepadatan tulang. Karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, daun katuk dipercaya mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

doktersehat.com/khasiat-daun-katuk-untuk-kesehatan/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sangat Bermanfaat, Ini dia 5 Manfaat Daun Katuk Yang Jarang Orang Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel