Aksi Heroik Kades Ini Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Trotoar - Berita.Lagioke.Net

Aksi Heroik Kades Ini Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Trotoar


Persalinan merupakan kegiatan yang memang harus dilakukan dengan segera ketika ada seseorang yang sudah berada di pucuk kehamilannya. Ini bertujuan untuk menyelamatkan seorang bayi yang sudah dikandung dan dinantikan selama 9 bulan terakhir. Namun kalau hal berikut dilakukan orang tak berpengalaman dengan sukses, tentu ini jadi suatu hal luar biasa, seperti kades ini misalnya.

Aksi heroik dilakukan Kades Pasirharjo Kabupaten Blitar. Dengan sigap kades tersebut membantu proses persalinan seorang wanita di trotoar depan rumahnya.
Adalah Chusana Churori, yang sore itu baru pulang dari kantor. Belum sempat melepas seragam yang dipakai, Chusana mendengar wanita berteriak dari luar rumah. Chusana lalu lari keluar rumah dan melihat seorang wanita hamil duduk dengan tanda-tanda mau melahirkan.

Tanpa pikir panjang, dia lepas kemeja seragamnya dan membantu wanita itu melahirkan. Sementara sang istri yang ikut melihat, bergegas mendekat sambil membawa kain dan jarit untuk menutupi pemandangan para pemakai jalan.

Hanya berselang 5 menit, Chusana tampak menggendong bayi laki-laki yang masih terikat tali pusar ibunya. Dua warga sekitar tampak ikut membantu, merasa lega proses persalinan itu berjalan lancar.

"Kejadiannya kemarin, Rabu (24/6) sore. Rumah saya bersebelahan dengan rumah bidan Desa Pasirharjo. Rupanya bu bidan sedang tidak ada di rumah. Pasutri itu berjalan ke arah rumah saya mau minta nomor handpone bu bidan. Ternyata istrinya tidak kuat, ketubannya pecah saat berjalan menuju rumah saya," kata Chusana saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (25/6/2020).

Menurutnya, saat kejadian sebenarnya ada empat orang. Yakni, suami si ibu yang melahirkan, pemilik toko depan rumahnya dan seorang warga lain. Namun tidak ada yang berani menolong si ibu yang kondisinya sudah pecah ketuban. Apalagi kepala bayi sudah terlihat.

"Lha suaminya malah panik. Saya khawatir nanti kepala bayi terluka saat terjatuh di trotoar soalnya alasnya melahirkan hanya daster ibunya yang tipis. Akhirnya berani, tidak berani saya pegang sampai proses keluar semua bagian tubuhnya," ungkapnya.

Beberapa saat kemudian, petugas medis yang menerima laporan tiba di lokasi. Proses penanganan persalinan dituntaskan dan si ibu dibawa ke puskesmas terdekat. Bayi laki itu selamat dan dalam kondisi sehat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aksi Heroik Kades Ini Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Trotoar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel