Disangka Pengemis, Pasangan Renta Ini Justru Tolak Pemberian 100 Ribu di Kereta, Ternyata - Berita.Lagioke.Net

Disangka Pengemis, Pasangan Renta Ini Justru Tolak Pemberian 100 Ribu di Kereta, Ternyata


Penampilan tidak menggambarkan kondisi seseorang, dikarenakan tampilan bisa saja menipu mata seseorang. Oleh karenanya, kita jangan memandang rendah orang lain hanya karena penampilannya yang terlihat rendahan seperti itu. Bisa jadi mereka yang demikian, memiliki posisi lebih baik daripada kalian.

Sahabat, dalam menjalani kehidupan ini, seringkali kita hanya melihat apa yang ingin kita lihat. Dan begitulah, prasangka membuat kita merasa lebih baik dan tinggi ketimbang orang lain. Padahal sejatinya, tak ada ukuran 'lebih' yang bisa dinilai secara kasat mata. Karena apa yang ada di hati adalah sesuatu yang paling tersembunyi dan justru merupakan indikator paling tepat akan sebuah kemuliaan.

Seorang netizen membagikan kisah yang menjadi pembelajaran berharga bagi dirinya, saya kisahkan ulang agar menjadi pembelajaran pula bagi kita.

Kisah ini dibagikan pertama kali oleh pengguna medsos bernama Wahyu Hidayat Ar Rasyid. Ia sedang menaiki Commuter Line saat melihat pasangan kakek nenek yang mengenakan pakaian kumal dan berantakan, dari tubuh mereka pun tercium aroma yang kurang sedap. Bahkan beberpa penumpang di sekitar mereka menggeser tubuh atau berpindah tempat.

Ia pun menduga kuat, bahwa pasangan renta ini adalah sepasang pengemis. Hingga Allah Ta'ala ternyata menghentakkan hatinya dengan pembelajaran yang luar biasa pada hari itu.

Seorang pemuda dengan gaya kekinian, dan headset di kepalanya, tampak mendekati pasangan renta tersebut. Tanpa canggung, pemuda itu bertanya mengenai asal usul sang kakek, sementara orang lain berusaha menjauh karena tidak tahan mencium baunya. Dengan gayanya yang sedikit cuek, pemuda tersebut tiba-tiba mengambil dompetnya dan memberikan selembar uang senilai Rp 100 ribu.

Ilustrasi

Namun, ucapan sang kakek saat menolak pemberian pemuda itu sanggup menampar hati Wahyu. Bagaimana tidak, ia telah berprasangka bahwa kakek nenek itu adalah seorang pengemis, namun kakek itu justru berkata:

"Sungguh agamaku melarangku menjadi seorang pengemis yang menengadahkan tangan menunggu bantuan uang dari si tuan kaya raya, kuyakin Tuhanku Maha Kaya, sangat kaya. Saya tahu niat ananda adalah untuk membantu kami, dan sungguh saya yakin bahwa Allah lah yang telah mengirimmu kepada kami, namun mohon maaf nak saya tak bisa menerima itu, saya tak ingin sebuah kisah dari perjalanan perjuangan hidup kami mencari rezeki, terdapat sebuah kisah bahwa kami menerima uang dari orang lain dikarenakan kasihan dengan kondisi kami. Saya yakin nak, sebentar lagi Allah akan memberikan rezeki bagi kami dengan cara yang lebih baik dari ini, iya saya yakin sebentar lagi nak, sebentar lagi".

Setelah itu, kakek tersebut lantas bersiap turun di Stasiun Gondangdia bersama istrinya. Sepeninggal mereka, Wahyu mengaku kagum dengan keteguhan sang kakek yang menolak pemberian orang lain tanpa bekerja keras. Ia juga menyesali dan memohon ampun kepada Allah atas prasangkanya.

Referensi pihak ketiga

Sahabat, ada orang-orang yang yakin dengan janji Allah Ta'la, sehingga mereka menahan dirinya dari meinta-minta meski pun mereka membutuhkan. Mereka memilih bertebaran di muka bumi untuk mencari rezeki halal.

Semoga orang-orang yang demikian senantiasa diberi kemudahan oleh Allah Ta'ala. Dan semoga kisah ini bisa menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua.

Referensi pihak ketiga

Sumber Referensi:
Merdeka.com/peristiwa

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Disangka Pengemis, Pasangan Renta Ini Justru Tolak Pemberian 100 Ribu di Kereta, Ternyata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel