Cerita Haru Tukang Becak Sumbangkan Semua Uangnya ke Masjid Jogokariyan - Berita.Lagioke.Net

Cerita Haru Tukang Becak Sumbangkan Semua Uangnya ke Masjid Jogokariyan

Seorang tukang becak yang memberi sumbangan kepada Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, baru-baru ini menuai sorotan publik. Sebab, ia menyumbangkan seluruh uangnya dengan alasan yang bikin haru.

Momen tersebut diceritakan akun @MasKarebet_21 di Twitter, pada Minggu (18/4/2021). Dalam utas yang dibuatnya, ia mulai menceritakan kisah tersebut sambil memperlihatkan tampilan masjid Jogokariyan.

“Kisah tukang becak yang merasa dilayani masjid Jogokariyan dengan baik, bikin ketua DKM menangis haru,” ujar Karebet.


Kejadian bermula ketika tukang becak tersebut mendatangi masjid dan menyerahkan enam lembar uang kertas Rp50 ribu kepada Ustaz Muhammad Jazir selaku Ketua DKM Masjid Jogokariyan. Uang tersebut dimaksudkan untuk bersedekah.

Melihat nominal yang diberikan oleh tukang becak tersebut, Ustaz Muhammad Jazir pun sampai kaget. Sebab, Rp300 ribu tentu merupakan nominal yang sangat besar buat seorang tukang becak.

"Kok banyak, Pak?" tanya Ustaz Muhammad Jazir.

Barulah diungkap oleh si tukang becak bahwa uang tersebut didapatkannya dari Bantuan Langsung Tunai (BLT). Meski begitu, uang tersebut tak ingin disimpannya sendiri dan memang sudah lama berniat bersedekah di masjid Jogokariyan.

Diceritakan kemudian alasannya, tukang becak tersebut setiap hari memang menarik penumpang di daerah situ yang notabene cukup jauh dari rumahnya. Karenanya, ia sangat terbantu dengan kehadiran masjid yang bisa jadi tempat membersihkan diri.

Cerita Haru Tukang Becak Sumbangkan Semua Uangnya ke Masjid Jogokariyan (2)


Namun, tak semua masjid ternyata menerima tukang becak tersebut. Ia mengaku sempat mampir ke masjid lain, tapi kemudian diomeli penjaga, menyebut bahwa masjid bukan tempat untuk mandi.

Sampai akhirnya, tukang becak itu mendapat saran dari temannya untuk pergi ke Masjid Jogokariyan. Disebutkan oleh temannya itu bahwa Masjid Jogokariyan ramah untuk siapa saja yang kemudian dibuktikan langsung oleh tukang becak itu.

Setiap hari, baik pagi maupun siang, tukang becak tersebut tak pernah dimarahi ketika mandi atau membersihkan tubuhnya. Bahkan, disebutkan masjid itu mempersilakan jika sang tukang becak butuh sesuatu.



“Saya jadi suka dengan masjid dan jadi suka salat berjemaah, Ustaz. Sejak saat itu saya ingin berinfaq untuk masjid ini jika punya uang. Dan alhamdulillah, sekarang saya dapat BLT," ungkap tukang becak, membuat sang ustaz tak kuasa menahan tangis karena haru.


Kini unggahan tersebut pun viral, dicuitkan ulang hingga lebih dari 5 ribu kali dan disukai oleh lebih dari 11 ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa salut dan terharu.

“Sebagai contoh yang baik untuk semua. Jadikan masjid sebagai rumah umat juga, tidak hanya untuk ibadah salat saja, tapi juga tempat berlindung sejenak, tempat belajar, juga mungkin rehat sejenak. Yang penting dijaga kebersihan dan kesucian tempat itu,” sebut akun @MawarBi98357353.


“Masjid kan idealnya hadir untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya, bukan untuk meminta manfaat sebesar-besarnya. Semoga masjidnya ada rejeki buat bisa melayani umat sebanyak-banyaknya,” ujar akun @hhhhanifa.

“Luar biasa, inilah sesungguhnya Islam. Memuliakan sesama, melayani dengan ikhlas. Semoga tukang becak, penjaga masjid Jogokariyan selalu dimudahkan dalam setiap urusan, diberkahi setiap usaha, dan terus se

mangat memakmurkan masjid. Amin Allahumma amin,” kata akun @AbdoelGharra. 



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cerita Haru Tukang Becak Sumbangkan Semua Uangnya ke Masjid Jogokariyan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel