Pandemi Seperti Sudah Berlalu, Pasar dan Mal Ramai Diserbu Pembeli - Berita.Lagioke.Net

Pandemi Seperti Sudah Berlalu, Pasar dan Mal Ramai Diserbu Pembeli


Menjelang lebaran pusat perbelanjaan di sejumlah daerah ramai dikunjungi masyarakat. Kondisi ini layaknya menunjukkan potret warga yang seakan menganggap pandemi COVID-19 sudah berlalu.

Seperti terlihat di salah satu pusat perbelanjaan di Cibinong. Warga kini kembali memadati mal. Meski tampak mengenakan masker, namun kerumunan terjadi di sana.

Hal serupa juga terjadi di pusat perbelanjaan lainnya di Cibinong, masyarakat sudah terlibat berkumpul di lokasi penjualan pakaian hingga sepatu. Bahkan nampak ada yang tidak mengenakan masker.

Di Solo, pengunjung di salah satu pusat belanja terbesar di sana, Mal Solo Paragon, juga meningkat menjelang lebaran. Sebagaimana laporan dari Bengawan News, partner 1001 Media kumparan.


Public Relations Officer Mal Solo Paragon, Veronica Lahji menyebut tingkat kunjungan masyarakat menjelang lebaran pada tahun ini jauh lebih tinggi dibanding tahun lalu. "Meskipun sama-sama dalam kondisi pandemi," kata dia Jumat (28/4).

Bahkan, Veronica memprediksi pengunjung di tahun ini meningkat 200 persen dibanding pada lebaran tahun lalu.

Tak terkecuali di Jakarta, pada Sabtu (1/5) kemarin, dipadati masyarakat yang antusias berbelanja. Foto-foto di media sosial memperlihatkan kepadatan pengunjung.

Imbauan untuk taat protokol kesehatan terus digaungkan. Anggota polisi terlihat berkeliling pasar dengan membawa pengeras suara. Anggota itu, mengimbau untuk warga menaati prokes.

"Tadi saya kirim juga mobil pengeras suara untuk mengimbau," kata Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan.

Teguran pun dilayangkan kepada mereka yang masih melanggar prokes. Termasuk kepada pengelola pasar dan para pedagang untuk bisa disiplin dan mengantisipasi kerumunan.

Pihak PD Pasar Jaya, selaku penanggung jawab pasar juga telah dipanggil terkait kepadatan Pasar Tanah Abang. Sementara dari pemkot setempat juga diminta menangani potensi kepadatan jelang Ramadhan di pasar-pasar.

"Tadi kami sudah panggil PD Pasar dan semua pasar di situ agar di depan itu disaring," tuturnya.

Netizen di media sosial juga mengunggah potret kepadatan pengunjung di saat menjelang lebaran ini. Berikut beberapa potretnya:

Lonjakan Pengunjung Sudah Diprediksi

Lonjakan pengunjung mal dan pasar memang sudah diprediksi. Terlebih, pemerintah menerapkan larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memprediksi kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan seperti mal saat lebaran bakal meningkat sampai 40 persen dibanding tahun 2020.

"Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada saat Idul Fitri 2020 yang lalu hanya naik sekitar 20 persen dibandingkan dengan hari biasa pada tahun 2020 yang lalu," kata Alphonzus saat dihubungi, Minggu (25/4).

"Diperkirakan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada Idul Fitri tahun 2021 ini akan meningkat sekitar 30 persen sampai 40 persen dibandingkan dengan Idul Fitri tahun 2020 lalu," tambahnya.

Meski demikian, Alphonzus menegaskan pihaknya masih memberlakukan protokol kesehatan termasuk pembatasan dari segi kapasitas pengunjung. Hal tersebut tentu diperlukan di tengah pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir.

"Pusat perbelanjaan masih tetap akan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat, disiplin, dan konsisten," tutur Alphonzus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pandemi Seperti Sudah Berlalu, Pasar dan Mal Ramai Diserbu Pembeli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel