Alasan Kenapa Petugas Imigrasi Bermuka Sangar dan Terkesan Galak - Berita.Lagioke.Net

Alasan Kenapa Petugas Imigrasi Bermuka Sangar dan Terkesan Galak


Seorang petugas imigrasi di banyak negara kerap memasang wajah sangar dan menyeramkan, baik di bandara maupun pelabuhan. Mereka tak jarang berbicara dengan nada tinggi dan terkesan mengintimidasi.

Seperti dihimpun berbagai sumber, ada alasan kenapa para petugas imigrasi, khususnya di bandara memajang raut muka yang sangat tak bersahabat. Jarang tersenyum, bahkan melontarkan humor.

Sebab, tugas mereka jelas untuk menyaring orang-orang yang hendak berpergian maupun masuk ke negara mereka. Mereka akan seksama akan memonitor gerak-gerik penumpang yang mencurigakan.

Biasanya mereka akan menyaring orang-orang yang merupakan pelaku kejahatan, atau buronan. Termasuk juga menyaring orang-orang yang punya tujuan tertentu, biasanya turis, namun malah mencari pekerjaan dan mendapatkan uang dengan menggunakan visa turis.


Sehingga jika para petugas menemukan orang-orang yang dicurigai, mereka akan melakukan interogasi, pemeriksaan, bahkan penggeledahan barang-barang yang dibawa. Mereka juga tak segan akan menginterogasi dengan nada intimidasi seperti menanyakan keperluan datang, berapa lama, menginap dimana, dan lain-lain.

Jika ada jawaban yang meragukan atau mencurigakan, mereka juga akan terus mencecar dengan pertanyaan-pertanyaan tambahan.

Karena sudha jadi tugasnya, maka sulit menemukan petugas imigrasi yang ramah dan murah senyum. Sebab, pekerjaan memonitor orang-orang mencurigakan bukan hal mudah. Mereka dipastikan akan memantau orang-orang dari penampilan, tindakan, maupun sikapnya.

Meski begitu, ada sejumlah tips untuk menghindari berurusan dengan petugas imigrasi agar tidak menjadi orang yang dicurigai.

Pertama, berpenampilan smart dan tidak norak. Sebab petugas imigrasi sudah peka membedakan orang-orang yang datang ke negaranya melalui penampilan.

Kedua, tidak ribet dengan barang bawaan. Mengingat banyak orang yang membawa sejumlah barang bawaan, maka tak heran itu menjadi salah satu yang dipantau petugas imigrasi. Jika seseorang membawa barang bawaan berlebihan hampir dipastikan bisa berurusan dengan petugas imigrasi.

Ketiga, siapkan jawaban dengan lugas dan percaya diri. Jika harus dihadapkan pada petugas imigrasi yang menanyai segala macam, maka harus dijawab dengan jawaban yang jujur dan masuk akal agar tidak dicurigai.

Keempat, siapkan dokumen. Paspor dan visa, kalau perlu kartu identitas lainnya dan print booking tempat menginap disiapkan sedini mungkin sebelum masuk ke pintu pemeriksaan. Jika mendapat pemeriksaan kamu sudah siap dan tidak terkesan panik karena belum menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Kelima, jangan berdebat dengan petugas, apalagi emosi. Jika mendapat pertanyaan yang terkesan mengintimidasi atau mendesak, hindari keras kepala atau bahkan mendebatnya, sebab itu hanya menimbulkan kecurigaan.

Keenam, tunjukkan sikap yang sopan dan tidak memakai aksesoris. Jika berhadapan dengan petugas imigrasi yang melakukan pemeriksaan jangan memainkan gadget. Memainkan gadget bisa menimbulkkan kecurigaan. Termasuk lepas topi, kacamata hitam dan earphone.

Terakhir, tetap ramah. Usahakan tetap bersikap ramah meski lelah sehabis perjalanan jauh. Kalau bisa tetap melontarkan senyum atau sekadar mengucapkan terima kasih kepada mereka. Pahamilah, petugas juga pasti kelelahan bekerja sepanjang hari menghadapi ribuan orang yang keluar masuk negaranya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alasan Kenapa Petugas Imigrasi Bermuka Sangar dan Terkesan Galak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel