Cara Cegah Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Tak Dikenal - Berita.Lagioke.Net

Cara Cegah Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Tak Dikenal


WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan yang rawan dibajak dan disadap atau mata-mata oleh orang yang tak dikenal. Bahayanya apabila akun baik di mobile maupun WhatsApp Web telanjur disadap, isi pesan yang bersifat pribadi akan bocor dan rawan disebarluaskan.

Sebetulnya WhatsApp sendiri sudah memberikan beberapa fitur keamanan yang bisa memperkuat akun agar tidak disadap maupun dibajak. Salah satu yang kini sedang dikampanyekan adalah penggunaan sistem keamanan end-to-end encryption yang diterapkan secara default.

Sistem end-to-end encryption ini memungkinkan hanya pengguna yang berkomunikasi, baik dalam berkirim pesan, panggilan suara, dan video call WhatsApp yang dapat mengaksesnya. Misalnya, dengan enkripsi end-to-end, pesan teks biasa yang dikirim akan dienkripsi dan didekripsi hanya setelah mencapai perangkat penerima.

Sistem ini juga tidak membolehkan orang lain, termasuk pemerintah, peretas, penyedia telekomunikasi, penyedia internet, dan bahkan server tak dapat membaca pesan tersebut.

Tapi walau sudah punya sistem yang diklaim sebegitu kuat tapi ada saja celahnya. Maka dari itu dari pengguna sendiri harus lebih aktif mengatur keamanan WhatsApp yang sudah disediakan. Berikut cara yang harus diikuti jika tidak mau akun WhatsApp kamu disadap.

Aktifkan verifikasi dua langkah

Fitur keamanan two-step verification ini diklaim dapat mengamankan akun WhatsApp dari pembajakan dan penyadapan. Terlebih saat ini masih marak pembajakan akun WhatsApp melalui OTP (one-time password).

Dengan mengaktifkan fitur ini setidaknya orang lain akan kesulitan untuk mengakses akun WhatsApp karena tidak mengetahui PIN two-step verification yang diset sebelumnya. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Berikut langkahnya.

  1. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp di smartphone.

  2. Pilih menu "Settings."

  3. Masuk ke pengaturan "Account."

  4. Pilih "Two-step Verification."

  5. WhatsApp akan meminta kamu untuk mengaktifkan Two-step Verification menggunakan PIN. Tekan "Enable" di bagian bawah untuk mengaktifkannya.


  1. Buat PIN dengan memasukkan 6 digit angka sesuai dengan yang kamu inginkan. Hindari menggunakan kombinasi angka nomor ponsel, tanggal lahir atau alamat rumah.

  2. WhatsApp akan memintamu untuk memasukkan alamat email yang akan terintegrasi dengan akun WhatsApp, kalau suatu hari kamu ingin mengganti PIN.

  3. Selesai. Fitur Two-step Verification berhasil terpasang.

Nonaktifkan atau log out WhatsApp Web

Setiap kali menggunakan WhatsApp Web di mana pun, baik komputer atau laptop, pastikan jika sudah selesai, lakukan log out untuk memutuskan koneksi. Kamu bisa juga memutuskan koneksi melalui aplikasi WhatsApp dari ponsel dan dapat memeriksa status perangkat aktif terakhir di sana. Cara memutuskan bisa ikuti langkahnya berikut ini.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cegah Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Tak Dikenal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel