Viral Gaji Kuli Bangunan Capai Rp4 Juta Sebulan, Lebih dari UMR - Berita.Lagioke.Net

Viral Gaji Kuli Bangunan Capai Rp4 Juta Sebulan, Lebih dari UMR

 

Unggahan foto rincian gaji kuli bangunan di Kota Semarang, Jawa Tengah, yang mencapai Rp1 juta per minggu atau Rp4 juta lebih sebulan jadi perbincangan di dunia maya. Pasalnya, nominal tersebut dianggap kalah jauh dengan UMK dan UMR Provinsi dan kota di Jawa Tengah tahun 2021.


Postingan itu dibagikan oleh akun Twitter @kanyamary, Rabu (16/6/2021). Dari unggahan foto, gaji para kuli bangunan di Kota Semarang tersebut cukup mencengangkan. Terlebih, nominal itu dianggap sangat besar jika dibandingkan dengan gaji freshgraduate.

"Kalau ketemu kuli yang motornya bagus/baru, jangan heran dulu. Gaji kuli harian yang jasanya kita pakai rata-rata Rp100-150rb per hari. Seminggu bisa hampir sejuta bahkan lebih, sebulan? Haha hitung sendiri, yang jelas lebih dari MUR semarang kan. Buat cewek-cewek jangan malu kalau pacar kalian kuli," bunyi keterangan postingan.

Begitulah bunyi tulisan di unggahan foto tersebut. Pemilik akun membeberkan gaji kuli bangunan mencapai Rp100 ribu hingga Rp500 ribu sehari. Selain itu, ia juga membagikan foto sepeda motor milik para kuli tersebut.


Di satu sisi, hal itu cukup berbanding terbalik dengan anggapan publik yang biasanya memandang gaji kuli bangunan sangat kecil. Bahkan, ada juga menilai orang yang menjalani profesi tersebut cenderung sulit memiliki sepeda motor bagus.

Namun, anggapan itu ternyata keliru usai rincian gaji kuli bangunan di Kota Semarang beredar luas di media sosial. Mereka bisa mendapatkan Rp 1.290.000 seminggu atau lebih dari Rp4 juta sebulan.

Sontak, nominal gaji tersebut ramai dibandingkan dengan UMR Jawa Tengah dan UMK Semarang tahun 2021 yang hanya hingga Rp 2.229.880 dan Rp 2.810.000. Nominal itu merupakan minimal gaji freshgraduate di Jawa Tengah alias lulusan Diploma hingga Sarjana.

Tak ayal, rincian gaji kuli bangunan tersebut lantas membuat warganet terheran-heran. Akan tetapi, beberapa orang yang tinggal di Semarang mengaku bahwa gaji kuli bangunan di daerah tersebut memang benar dan lebih besar dari tamatan Diploma dan Sarjana.

Kendati demikian, meski memiliki gaji melebihi UMR dan UMK, kuli bangunan merupakan pekerjaan yang sangat berat hingga dianggap pantas dengan nominal gaji tersebut. Ditambah, risiko saat menjalani pekerjaan juga sangatlah berat.

Terlepas dari itu, postingan tersebut ramai dikomentari publik di dunia maya. Apalagi, ada juga yang baru mengetahui bahwa gaji kuli bangunan ternyata cukup besar jika dibandingkan dengan UMR di Jawa Tengah dan UMK Semarang.

"Iya. Emang gede kok. Tapi, 40% duit yang didapet itu biasanya dipakai buat segala macem obat buat otot sama tulang yang pegal sama linunya ngalahin gaji wkwk. Ini dari pengalaman pribadi langsung pas masih nguli, ya wkwk," tulis @YB alias Reza Arap.

"Kuli tuh gajinya gede, tapi pekerjaanya nggak tetap misal sebulan full kerja, bisa dapat kerja lagi 3/4 bulan kemudian makanya itu yang bikin seakan gajinya kecil, soalnya tiap gaji di suatu proyek harus cukup sampai dapet proyek lagi," sahut @syahsyaraf.

"Pernah ikut ngecorr sehari Rp170 ribu udah dapat makan, rokok, kopi, dari pukul 08.00 sampai17.00 WIB, tapi ya habis itu awak  langsung remuk hahahaham," timpal @Rozaqpratamaa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Viral Gaji Kuli Bangunan Capai Rp4 Juta Sebulan, Lebih dari UMR "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel