Kisah Pria Ini Jadi Manusia Pertama yang Sempat Hidup Tanpa Jantung - Berita.Lagioke.Net

Kisah Pria Ini Jadi Manusia Pertama yang Sempat Hidup Tanpa Jantung


Craig Lewis menjadi manusia pertama di dunia yang sempat hidup tanpa jantung. Pria asal Texas, Amerika Serikat itu mampu bertahan hidup dengan bantuan jantung eksternal dari dua dokter Billy Cohn dan Bud Frazier.

Dikutip dari Daily Hunt, Craig menderita penyakit mematikan bernama amiloidosis. Amiloidosis adalah penyakit yang sangat langka karena kurang dari 10 lakh orang dari seluruh dunia melaporkannya.

Dalam kondisi ini mengakibatkan antibodi abnormal yang dihasilkan oleh sumsum tulang yang mempengaruhi fungsi hati, ginjal, jantung, kulit dan saraf. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Penyakit itu yang membuat Craig pada 2011 silam dirawat di Texas Heart Institute. Kondisinya sangat kritis sehingga bahkan alat pacu jantung pun tidak dapat menyelamatkannya pada saat itu. Para dokter menyatakan bahwa ia hanya memiliki 12 jam untuk hidup.

Tapi istrinya Linda membawanya ke Billy Cohn dan Bud Frazier. Kedua dokter itu mengganti jantung milik Craig dengan sebuah alat pompa yang berfungsi layaknya jantung manusia.

Cohn dan Frazier memasang alat bantu pompa yang terdiri atas bilah rotor yang berputar laksana sekrup, menarik darah agar mengalir tanpa henti.

Sebelum diterapkan pada Craig alat ini telah diuji coba pada 55 anak sapi. Hasilnya, mesin bekerja tanpa masalah, sapi-sapi itu juga berperilaku normal.

Setelah pencangkokan jantung, Lewis bisa berbicara dan duduk tegak di atas kursi. Craig melanjutkan sisa hidupnya selama satu bulan hingga akhirnya meninggal pada April 2011.

Craig tutup usia, setelah istrinya kaget karena tak ada detak dan denyut nadi pada suaminya. Alat jantung eksternal itu juga tidak membuat organ penting lain menjadi efisien untuk membuat Craig bertahan hidup. Ginjal dan hatinya rusak parah yang membuat kondisi Craig secara fisik sudah mati.

Sang istri kemudian meminta agar alat tersebut dicabut. Ia ingin dan membiarkan suaminya meninggal secara manusiawi.

Setelah Craig, orang kedua yang hidup berkat jantung eksternal adalah seorang pria berkebangsaan Ceko, Jakub Halik. Mantan petugas pemadam kebakaran ini bisa hidup tanpa jantung hingga enam bulan lamanya.

Jantung Halik diangkat pada bulan April 2012. Bukan tanpa alasan, pengangkatan itu dilakukan setelah diketahui adanya tumor agresif tumbuh pesat menggerogoti jantungnya.

Tim medis asal Republik Ceko yang dipimpin oleh dokter spesialis jantung bernama Jan Pirk mengganti jantung Halik dengan dua pompa mekanik. Operasi dilakukan di Institute for Clinical and Experimental Medicine (IKEM), Praha dan menghabiskan waktu 8 jam. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Pria Ini Jadi Manusia Pertama yang Sempat Hidup Tanpa Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel