Pesawat Kargo Mendarat Darurat Gara-Gara Kambing Kentut - Berita.Lagioke.Net

Pesawat Kargo Mendarat Darurat Gara-Gara Kambing Kentut


Pesawat kargo yang membawa lebih dari dua ribu ekor kambing domba terpaksa mendarat darurat. Penyebabnya sepele, ribuan kambing itu kentut selama penerbangan dan membuat sensor peringatan pesawat menyala.

Pesawat dari maskapai Singapore Airlines dengan register 9V-SFI itu terbang dari Sydney, Australia menuju Kuala Lumpur, Malaysia, pada 26 Oktober 2015. Pesawat jenis Boeing 747-400 yang diawaki pilot dan co-pilot serta empat awak lain itu membawa 2.186 ekor kambing domba.


Dikutip dari Daily Star, ketika pesawat baru lepas landas sekitar 45 menit, sistem peringatan pesawat berbunyi. Peringatan itu memberi tahu pilot bahwa ada tanda bahaya berupa asap yang berasal dari kabin.

Awalnya pilot meminta kru pesawat untuk mengecek sumber peringatan tersebut berbunyi. Setelah dicek, kru tidak menemukan tanda-tanda asap.

Namun, karena sistem peringatan kembali berbunyi dan terus berulang, pilot tak mau ambil risiko. Pilot kemudian berkomunikasi dengan pengontrol menara bandara atau ATC. Mereka kemudian diarahkan untuk mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Setelah mendarat, penyelidikan pun dilakukan. Lagi-lagi tidak ditemukan ada tanda asap yang menjadi sebab peringatan pesawat berbunyi.

Belakangan para penyelidik baru mengetahui kalau sistem peringatan tanda asap itu berbunyi karena banyaknya gas yang berasal dari kentut kambing. Gas itu adalah akumulasi dari ribuan kambing yang bergantian kentut selama penerbangan.

Setelah mengetahui tidak ada yang membahayakan meski alarm pesawat berbunyi, burung besi itu kemudian diizinkan melanjutkan penerbangan menuju Kuala Lumpur, meski molor 2,5 jam dari jadwal mendarat yang sudah ditentukan.

Kejadian ini menarik perhatian publik ketika diposting kembali oleh akun @fakta.jenius di Instagram. Beberapa komentar lucu disampaikan warganet.

"Gak kebayang baunya kayak gimana," celetuk @shofi17_6.

"Kentut berjamaah," ucap @agtna685.

"Kalau dalam ilmu fisika, senyawa pada karbon dioksida bisa membuat hantaran panas, seperti pertemuan antara induktor dan isolator. Kesimpulannya, kambing juga bisa kentut?," timpal @lapendos.12.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pesawat Kargo Mendarat Darurat Gara-Gara Kambing Kentut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel