Satgas Saber Pungli: Jangan Ada Pungutan Liar di Samsat dan Satpas - Berita.Lagioke.Net

Satgas Saber Pungli: Jangan Ada Pungutan Liar di Samsat dan Satpas


Kemenko Polhukam melalui Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) mengeluarkan surat edaran yang ditunjukkan kepada Ketua Unit Pemberantasan Pungli Provinsi se-Indonesia. Surat tersebut dikeluarkan pada Jumat (17/9).

Dalam surat tersebut berisi petunjuk dan arahan salah satunya mengenai pungutan liar atau pungli di Samsat dan Satpas.

Anggota yang bertugas diminta tidak melakukan pungli dalam bentuk apa pun terhadap masyarakat yang sedang melakukan pengurusan di Samsat dan Satpas.

"Anggota yang bertugas di lapangan agar tidak melakukan pungutan dalam bentuk apa pun terhadap masyarakat yang sedang melakukan pengurusan di Samsat dan Satpas, serta di seluruh tempat pelayanan publik lainnya kecuali biaya yang telah diatur dalam Perundang-Undangan yang berlaku dan atau sudah diatur dalam PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)," bunyi dalam surat edaran tersebut yang dikutip kumparan, Minggu (19/9).


Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mempersilakan masyarakat untuk melapor bila menemukan atau mengalami praktik pungutan liar alias pungli. Masyarakat bisa melapor ke kantor Kemenkopolhukam di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Melihat banyak yang mengeluhkan kasus-kasus pungli di Twitternya, Mahfud meminta siapa pun yang mengalaminya untuk melapor ke Saber Pungli.

"Lapor saja ke kantor Saber Pungli di kantor saya, Kemenko Polhukam. Yang penting pelapornya jelas dan pelakunya jelas. Tak perlu takut," ucap Mahfud.

Ia kemudian menyinggung laporan advokat Emerson Yuntho terkait kasus pungli diduga terjadi kantor Samsat Kebon Nanas Jakarta Timur.

Mahfud menegaskan masyarakat biasa pun tetap bisa melapor dan akan ditangani oleh tim Saber Pungli. Namun, ditegaskan perlu ada bukti dan pelaku yang jelas melakukan tindakan tersebut.

"Kalau masyarakat biasa lapor ditangani juga. Namun biasanya banyak yang tak berani lapor atau melapor tapi tak mau menunjuk bukti. Buktinya laporan @emerson_yuntho ditangani. Kita terus mengumpulkan bukti dari lapangan, selanjutnya Buya Eson akan kita undang untuk mencocokkan fakta," tulis Mahfud lagi.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Satgas Saber Pungli: Jangan Ada Pungutan Liar di Samsat dan Satpas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel