Yang Diketahui Sejauh Ini soal Jatuhnya Pesawat Rimbun Air Tabrak Gunung - Berita.Lagioke.Net

Yang Diketahui Sejauh Ini soal Jatuhnya Pesawat Rimbun Air Tabrak Gunung


kontak di Sugapa Kabupaten Intan Jaya ditemukan sekitar 800 meter dari Bandara Sugapa, Intan Jaya.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes A.M Kamal menyebutkan posisi jatuhnya pesawat dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki.

"Lokasinya perbukitan. Evakuasi dibantu gabungan TNI-Polri bersama pemuda gereja setempat," kata Kamal, Rabu (15/9).

Kamal menjelaskan saat hilang kontak cuaca di lokasi kejadian buruk. Ada dugaan pilot tak melihat landasan saat melakukan pendaratan.

"Jatuhnya pesawat tak terlalu jauh dengan bandara. Lokasinya di perbukitan. Kami berharap evakuasi dapat dilakukan secepat mungkin," Kamal menjelaskan.

SAR Timika Tempuh Jalur Darat Evakuasi Kru Rimbun Air

Tim SAR gabungan dari Timika menempuh jalur darat untuk evakuasi 3 kru pesawat Rimbun Air PK OTW . Jalur darat ditempuh dari Supaga ke lokasi jatuhnya pesawat pada daerah ketinggian di sekitar Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Hari ini, proses evakuasi lewat jalur udara telah dilakukan dengan perbantuan 2 pesawat milik Rimbun Air dan satu helikopter perbantuan dari Intan Jaya Perkasa.

“Tim belum berhasil evakuasi korban dari jalur udara karena cuaca berkabut dan hujan. Apalagi di pegunungan Papua, cuaca cepat berubah,” kata Kepala SAR Timika, George Mercy L. Randang, Rabu (15/9).

Evakuasi jalur darat dilakukan untuk mempercepat proses evakuasi. Tim SAR gabungan dikawal oleh masyarakat dan TNI Polri dalam proses ini.

“Tim bergerak dari Sugapa sekitar pukul 15.30 WIT, belum diketahui perkiraan ke lokasi kejadian, karena daerah ini baru dan kami belum pernah ke daerah itu,” jelasnya.

George berujar, jika cuaca memungkinkan pasti dilakukan lewat jalur darat, untuk lebih cepat dan lebih mudah.

Tabrak Gunung di Intan Jaya Papua

Perwakilan KNKT Papua, Norbert Tunyaan menjelaskan pesawat kargo Rimbun Air Seri 300 dengan nomor lambung PK OTW diduga menabrak gunung di sekitar Bandara Bilorai Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

"Ada dugaan pesawat tabrak gunung, kondisinya hancur. Dengan melihat kondisi badan pesawat, 3 kru kemungkinan meninggal dunia. Kalau tabrak gunung ya, kemungkinan kru selamat kecil," jelas Norbert, Rabu (15/9).

Norbert menduga pesawat yang akan landing di bandara tersebut kemungkinan terlalu cepat turun dan belok. "Di sekitar situ (bandara) kan sempit, gunung-gunung banyak," kata Norbert.

KNKT masih terus menyelidiki kecelakaan pesawat yang disewa untuk membawa bahan bangunan dan sembako.

3 Kru Pesawat Rimbun Air yang Jatuh di Intan Jaya Papua Ditemukan Tewas

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, setibanya di lokasi pihaknya menemukan 3 kru pesawat dalam keadaan tewas.

“Kru semua wafat,” kata Kamal kepada kumparan.

Kamal menuturkan, selanjutnya tim mengevakuasi ketiga jenazah kru pesawat. Proses evakuasi menggunakan jalur darat.

“Malam ini kita coba evakuasi,” ujar Kamal.

Berikut identitas 3 kru pesawat Rimbun Air;

- Hj. Mirza (Pilot)

- Fajar (Kopilot)

- Iswahyudi (teknisi)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yang Diketahui Sejauh Ini soal Jatuhnya Pesawat Rimbun Air Tabrak Gunung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel