Boleh Enggak Sih Kunci Kendaraan Di Cabut Saat Ditilang? Ini Jawabannya - Berita.Lagioke.Net

Boleh Enggak Sih Kunci Kendaraan Di Cabut Saat Ditilang? Ini Jawabannya


Menurutnya, hal tersebut tidak baik dilakukan karena membahayakan si pengendara. Menangapi hal itu, Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sriyanto berikan penjelasan.


"Sebenarnya enggak langsung tiba-tiba juga, biasanya hal itu dilakukan untuk menghindari agar si pengendara tidak melarikan diri atau membahayakan pengendara lain. Tapi enggak semua begitu, hanya saja jika diketahui si pengendara mencurigakan baru dilakukan cabut kunci. Tapi kalau koperatif tidak," kata Kompol Sriyanto.


Menurutnya, sudah jelas di dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan PP 80 Tahun 2012 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Salah satu pasal telah mengatur bahwa untuk melaksanakan pemeriksaan kendaraan bermotor, petugas Kepolisian Negara RI berwenang untuk menghentikan kendaraan bermotor, meminta keterangan kepada pengemudi, dan atau melakukan tindakan lain menurut hukum secara bertanggung jawab.


Ia menambahkan, di dalam Undang-Undang juga diatur, setiap petugas Polri memiliki kewenangan melakukan tindakan diskresi kepolisian atau tindakan menurut penilaian sendiri di lapangan. Menurutnya, apabila pengguna jalan diberhentikan oleh petugas, hukumnya wajib untuk mematuhi perintah petugas.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Boleh Enggak Sih Kunci Kendaraan Di Cabut Saat Ditilang? Ini Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel