Kisah Viral Bule Swiss Jadi Penjual Ikan Pakai Motor di Pangandaran - Berita.Lagioke.Net

header

Kisah Viral Bule Swiss Jadi Penjual Ikan Pakai Motor di Pangandaran


Kerap kali bule asing menjadi sorotan warga ketika masuk ke sebuah perkampungan. Namun, bule satu ini justru sudah sangat membaur dengan penduduk setempat bahkan menggeluti profesi yang bisa dibilang umum di kalangan warga lokal.

Melansir video dalam akun Petualangan Alam Desaku di YouTube, pada 17 Oktober 2021, bule tersebut diketahui bernama Michael. Ia menetap di Kampung Golempang, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Bule asal Swiss tersebut sehari-hari diketahui mencari nafkah dengan cara berdagang ikan. Jerry, pengunggah video, pun mengikuti aktivitas Michael selama seharian, mulai dari tinggal bersama warga Kampung Golempang hingga ketika menjadi tukang ikan.

Ditemui oleh Jerry di kediamannya, Michel memulai aktivitas harian dengan pergi belanja ikan yang nantinya akan dijual kembali. Saat itu, bule yang sudah fasih berbicara bahasa Sunda tersebut membeli sekitar 50 kilogram ikan.

Jumlah tersebut dinilai Michael tidak banyak, mengaku sengaja hanya beli sedikit karena masih masa pandemi Covid-19. Kondisi tersebut membuat omzetnya tak sebanyak sebelum ada virus corona.

Sedikit, masih pandemi, belum normal. Ya, paling, masih mungkin 50 kiloan," kata Michael.

Dalam video berdurasi 23 menit 38 detik tersebut, Michael juga memperlihatkan momen ketika dirinya menimba air, lalu memilih ikan-ikan di empang. Diketahui, ikan-ikan tersebut dikirimkan dari Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Setelah memilih dan menimbang, bule itu lanjut mengangkut dagangannya dengan sepeda motor. Sebelum berjualan, ia menyempatkan diri untuk sarapan roti dan kopi. Berkelakar juga ia dengan bahasa Sunda, mengenai sarapan roti agar tidak hilang jati diri sebagai bule.

"Dia bilang, 'Makan roti, takut lupa Bahasa Inggris'," kata Jerry sambil tertawa mengartikan ucapan Michael.

Itu bahasa zaman dulu. Zaman dulu begitu, tuh. Kalau kepingin pinter bahasa Inggris, makan roti,” lanjutnya.

Diakui oleh Michael, selain berjualan, sehari-hari ia juga melakukan kegiatan yang tak jauh dari ikan. Kegiatan tersebut mulai dari membeli, mengolah, hingga jasa membakarkan ikan untuk orang.

Memilih ikan, bakar ikan, di Homestay 28 Desa Ciliang, Kabupaten Pangandaran," ujar Michael.

Kini unggahan tersebut pun viral, ditonton hingga lebih dari 400 ribu kali dan direspons oleh puluhan ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa terhibur dengan pemandangan tak biasa dari bule tersebut.

“Kang Michael ramah, rendah hati, dan suka humor. Sehat selalu untuk Kang Jerry dan Kang Michael,” sebut akun zulkifli jambi.

Ayak-ayak wae atuh Kang Michael. Makan roti biar gak lupa bahasa Inggrisnya, haha. Sehat-sehat selalu, kang. Semoga rezekinya berlimpah,” ujar akun Subandriyah Aya.

“Kang Michael, sudah menyatu dengan kehidupan di Sunda. Semoga makin sukses usahanya,” kata akun Ade su. (bob)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Viral Bule Swiss Jadi Penjual Ikan Pakai Motor di Pangandaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel