Salut, Kades Tampilkan Dana Desa hingga Pengeluaran Pakai Baliho di Jalan - Berita.Lagioke.Net

header

Salut, Kades Tampilkan Dana Desa hingga Pengeluaran Pakai Baliho di Jalan


Dana desa yang dikeluarkan pemerintah acap kali diselewengkan oleh aparat hingga kepala desa itu sendiri. Tak ayal, banyak warga yang kemudian geram lantaran pejabat desa sekalipun ternyata tidak bisa dipercaya dengan melakukan korupsi.

Kali ini, untuk mencegah hal tersebut, salah satu desa di Bali melakukan hal berbeda. Sebuah baliho yang berisi dana desa hingga pengeluaran dicantumkan agar diketahui warga. Bahkan, rincian dana yang dikeluarkan per bulan hingga setahun juga dibuat.

Dalam video yang diunggah di akun TikTok @melalibali, Sanur Kaja merupakan desa yang menerapkan hal tersebut. Di video itu, warga setempat bisa melihat aliran dana desa yang telah disalurkan. Bahkan, dana yang dikeluarkan hingga pendapatan desa juga dicantumkan.

Hal itupun mengagetkan publik di media sosial lantaran cara itu dianggap jarang dilakukan oleh aparat desa di Tanah Air. Namun, Kepala Desa Sanur Kaja melakukan hal tersebut untuk transparansi dana desa yang dikeluarkan pemerintah.

Apalagi, di baliho tersebut, semua APB Desa hingga pengeluaran menggunakan dana tersebut dibuat cukup detail. Mulai dari belanja per bulan, pendapatan, hingga 5 pengeluaran yang dilakukan aparat desa dibuat di baliho itu.

Tak ayal, setiap warga yang melintasi daerah tersebut bisa melihat langsung bagaimana alokasi dana desa yang dijalankan oleh kepala desa setempat. Apalagi, baliho itu terlihat dipajang di pinggir jalan yang membuat warga bisa mengetahui pengeluaran desa mereka setiap tahunnya.

Tidak hanya itu saja, dari baliho itu, terlihat jelas jumlah dana desa yang disalurkan hingga digunakan dicantumkan secara rinci. Hal itulah yang membuat publik salut dengan Kepala Desa Sanur Kaja yang mempublikasikan APB Desa agar diketahui warganya.

Kini, sejak diunggah di TikTok hingga ramai diperbincangkan, banyak warganet memuji aparat desa setempat. Pasalnya, mereka menganggap tak banyak kepala desa melakukan hal tersebut dengan memcantumkan pengeluaran hingga belanja desa.

Di sisi lain, ada juga warganet yang masih tidak percaya dengan cara tersebut. Beberapa menganggap dana desa akan terus diselewengkan lantaran minimnya pengawasan dari pihak terkait. Selain itu, tak bisa dimungkiri, dana desa yang memiliki nilai fantastis sampai miliran rupiah dinilai cenderung dikorupsi karena kurangnya kesadaran untuk membangun desa.

Terlepas dari itu, aksi aparat Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, tetap mendapat apresiasi dari warganet. Akan tetapi, cara tersebut dianggap harus dibuktikan dengan tidak menyelewengkan dana desa yang kerap dilakukan oleh oleh aparat hingga kepala desa itu sendiri.

"Bagus banget ini, pemerintahnya amanah. Semoga disehatkan selalu, amin," tulis @perawat_icu.

Pasti ada aja colongannya, nggak mungkin nggak nyolong. Itu juga masa total pengeluaran sama total pemasukan bisa kebetulan sama. Itu hanya formalitas," sahut @greenplesiosaur321.

"Dipajang pasti, ngga tahu apa benar apa nggak rinciannya," timpal @salman. (fre)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Salut, Kades Tampilkan Dana Desa hingga Pengeluaran Pakai Baliho di Jalan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel