5 Hal yang Bisa Menjadi penyebab Munculnya Bau Tak Sedap pada Organ Kewanitaan - Berita.Lagioke.Net

header

5 Hal yang Bisa Menjadi penyebab Munculnya Bau Tak Sedap pada Organ Kewanitaan


Menjaga organ kewanitaan atau vagina merupakan hal yang harus dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan yang muncul. Hal ini dilakukan untuk mencegah sejumlah masalah kesehatan yang terjadi.

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada organ kewanitaan adalah munculnya bau tak sedap. Hal ini terutama bakal menjadi masalah besar ketika sudah menikah.

Bau dari vagina ini bakal memunculkan rasa tak nyaman terutama ketika bercinta. Pasangan bakal terganggu dengan aromanya sedangkan kamu bakal menjadi tidak percaya diri karenanya.

Bau tak sedap pada vagina ini muncul karena sejumlah alasan yang mungkin terjadi. Dilansir dari Sheknows, berikut lima penyebab munculnya bau tak sedap pada organ kewanitaan.


Bakteri Vaginosis dan Infeksi Jamur Vagina


Bakteri Vaginosis


Bakteri ini adalah penyebab paling umum dari masalah bau vagina. Setiap vagina memiliki bakteri alami, sedangkan bakteri vaginosis adalah pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Sebagian besar wanita pada masa reproduksi akan mengalami setidaknya satu kasus bakteri vaginosis. Penyebab dari masalah ini tidak diketahui, tetapi seks yang tidak aman dan kotor dapat berisiko lebih tinggi. Gejala lain yang muncul termasuk gatal dan nyeri. Pengobatan untuk BV biasanya sederhana seperti antibiotik.


Infeksi Jamur Vagina

Infeksi jamur vagina merupakan hal yang umum terjadi dan sangat tidak nyaman. Pengobatan untuk infeksi jamur ini sangat sederhana dan bahkan dapat dibeli di apotek terdekat. Walau begitu, ketika masalah ini berangsur semakin parah sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.


Penyakit Radang Panggul


Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa gejala PMS bisa timbulkan bau vagina, yakni klamidia dan gonore. Klamidia dapat ditularkan melalui hubungan seksual secara vaginal, anal, atau oral.

Infeksi ini dapat mengakibatkan bayi tertular dari ibunya selama masa persalinan. Kadang infeksi ini tidak memiliki gejala dan banyak orang tidak tahu bahwa mereka terinfeksi.


Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini terjadi ketika bakteri melalui vagina dan menuju rahim. Gejala ini menjadi tahap akhir dari PMS yang tidak terdiagnosis seperti klamidia.

Penyakit radang panggul biasanya tidak didiagnosis sampai kamu mengalami sakit kronis atau memiliki kesulitan hamil karena seringkali tidak memiliki gejala. Gejala penyakit ini melingkupi nyeri panggul, bau, demam, kelelahan, hubungan seksual yang menyakitkan atau buang air kecil yang sakit.


Kurang Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan


Salah satu penyebab bau vagina adalah kebersihan yang buruk pada daerah kewanitaan. Kamu harus mencuci vagina secara rutin setiap hari agar tetap dalam kondisi segar dan bersih.

Munculnya bau tak sedap pada vagina ini bisa jadi gejala penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu, pastikan organ kewanitaan tetap dalam kondisi kering dan bersih.




Sumber : Merdeka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Hal yang Bisa Menjadi penyebab Munculnya Bau Tak Sedap pada Organ Kewanitaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel