6 Cara Mudah dan Sederhana Menghentikan Bersin yang Mengganggu - Berita.Lagioke.Net

header

6 Cara Mudah dan Sederhana Menghentikan Bersin yang Mengganggu


Kondisi bersin-bersin terutama yang terjadi berulang-ulang kali dalam tempo singkat merupakan sebuah hal yang menganggu. Kondisi ini juga bisa memunculkan kekhawatiran pada orang lain terutama pada masa-masa seperti sekarang.

Masalah ini juga biasanya bakal terjadi selama beberapa waktu sebelum kemudian menghilang. Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan kamu menjadi bersin-bersin.

Sejumlah masalah seperti penyakit paru-paru atau asma merupakan penyebab umum bersin-bersin. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat jaringan yang membawa udara ke paru-paru mengalami kontraksi.

Sejumlah masalah kesehatan lain juga bisa mempersempit saluran pernapasanmu. Hal ini bisa berupa infeksi pernapasan atau reaksi alergi.

Kondisi bersin-bersin ini tenteu sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu. Dilansir dari Insider, berikut sejumlah cara mudah dan efektif untuk menghentikan bersin-bersin yang mengganggu.


Bernapas dengan Merapatkan Bibir


Cara bernapas dengan merapatkan bibir sangat tepat diterapkan ketika bersin-bersin akibat napas memendek. Hal ini juga biasanya disarankan ketika kamu memiliki asma yang menjadi penyebab bersin-bersin.


Kamu bisa melakukan cara tersebut dengan menerapkan sejumlah langkah berikut:

- Duduk dan lemaskan otot pundak dan leher,

- Tutup mulut dan bernapas melalui hidung dalam dua hitungan.

- Rapatkan bibir seperti ketika kamu meniup lilin.

- Embuskan napas perlahan melalui bibir dalam empat hitungan. Keluarkan udara dari paru-paru tanpa memaksakannya.

- Ulangi hingga napasmu terasa lebih ringan.


"Olahraga pernapasan seperti bernapas dengan merapatkan bibir tidak selalu menghentikan bersin atau bronkospasma pada pasien dengan asma," terang Stanley Fineman, MD, pakar alergi dari Atlanta Allergy & Asthma.


Coba Bernapas dengan Perut

Teknik deep belly breathing bisa sangat membantu mengatasi bersin yang disebabkan oleh kecemasan. Cara ini bisa melatih diafragma dengan mengalihkan tekanan dari kerongkong bronkial yang menyebabkan bersin.


Cara ini bisa diterapkan dengan melakukan langkah sebagai berikut:

- Tiduran telentang dengan lutut menekuk dan telapak kaki menapak.

- Tempatkan satu tangan di perut dan lainnya di dada sehingga kamu bisa merasakan naik dan turunnya napas.

- Tarik napas melalui hidung, rasakan tangan di perut yang naik dan biarkan dada dalam posisi tepat.

- Rapatkan bibir dan embuskan napas, tekan otot perut ke dalam dan biarkan dada tetap.

- Ulangi hingga bernapas perlahan dan menjadi lebih ringan. Seiring waktu, coba lakukan hal ini sambil duduk.


Konsumsi Minuman Hangat


Mengonsumsi minuman hangat bisa membantu meredakan bersin yang disebabkan karena penumpukan ingus. Konsumsi teh herbal atau air putih hangat bisa membantu melegakan saluran udara.

Ketika bersin yang kamu alami terjadi akibat menumpuknya lendir di tenggorokan akibat rasa dingin, minuman hangat bisa membantu meringankannya dengan mudah. Cairan dengan suhu di atas temperatur ruangan juga bisa membantu meredakan masalah pernapasan.

Walau begitu, hindari juga konsumsi minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas. Bukannya meredakan masalah, hal ini malah justru membuat masalah bersin-bersin yang kamu alami memburuk.


Menghirup Uap

Menghirup uap bisa sangat tepat mengatasi masalah yang disebabkan karena udara kering. Walau begitu, hal ini bisa sangat tergantung dengan gejala yang kamu alami.

Menghirup udara kering bisa menyebabkan iritasi saluran pernapasan. Ketika masalah bersin yang kamu alami terjadi akibat panas, maka menghirup uap ini tidak dapat dilakukan karena justru bisa memperburuk kondisimu.

Ketika menghirup uap ini tidak berhasil maka kamu bisa mencoba cara lain. Kamu bisa menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan udara di sekitarmu.


Gunakan Inhaler


Menggunakan inhaler bisa sangat membantu mengatasi bersin-bersin akibat asma. Inhaler biasanya mengandung albuterol yang bisa membantu membuka saluran pernapasan.

Inhaler juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan masalah hidung buntu. Saat ini, sejumlah inhaler juga memiliki beragam wewangian yang bisa bermanfaat bagi kita.

Walau begitu, penggunaan inhaler tidak selalu berhasil untuk mengatasi masalah bersin-bersin ini. Pada sejumlah penyebab bersin-bersin yang lain, cara penangan lain bisa mengatasinya dengan lebih tepat.


Gunakan Antihistamin

Konsumsi obat antihistamin merupakan hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi bersin akibat reaksi alergi. Ketika hal ini terjadi, rekasi ini termasuk bengkak di tenggorokan yang menyebabkan sulit bernapas.

Ketika obat antihistamin yang kamu konsumsi untuk mengatasi alergi tidak bekerja, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Ketika efek dari alergi semakin parah, masalah ini bakal membesar dan semakin parah.

Secara umum, penyebab bersin yang berbeda membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Mengetahui penyebab masalahmu bisa membantu mengatasi masalah ini dengan tepat.




Sumber : Merdeka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Mudah dan Sederhana Menghentikan Bersin yang Mengganggu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel