7 Cara Mengatasi Munculnya Bau Mulut dan Membuat Napas Tetap Segar - Berita.Lagioke.Net

header

7 Cara Mengatasi Munculnya Bau Mulut dan Membuat Napas Tetap Segar



Bau mulut atau yang biasa disebut sebagai halitosis merupakan salah satu masalah yang umum kita alami. Masalah ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda.

Munculnya bau mulut ini bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, pola makan, serta kondisi kesehatan. Sejumlah kondisi ini memunculkan bakteri di dalam mulut yang membuat munculnya bau tak sedap.

Hampir semua orang mengalami masalah bau mulut ini setidaknya satu kali seumur hidup. Karena bisa mengganggu diri sendiri dan orang lain, masalah ini sebaiknya diatasi dengan tepat.

Munculnya halitosis ini juga bisa terjadi sebagai delusi, menurut European Journal of Dentistry. Hal ini terjadi ketika seseorang yakin bahwa mereka memiliki bau napas tak sedap yang bisa mengganggu orang lain walau tak ada bukti klinis yang bisa menjelaskannya.

Hal ini terjadi pada sekitar 28 persen pasien yang mengeluh bahwa mereka mengalami bau mulut. Kondisi ini dikenal sebagai halitofobia yang berarti ketakutan terhadap bau napas tak sedap.

Mencegah dan mengatasi bau mulut merupakan hal yang harus dilakukan agar tak mengalami halitosis. Dilansir dari Health24, berikut cara mengatasi munculnya bau mulut tak sedap.


Bersihkan Gigi dan Mulut dengan Tepat

Bersihkan Lidah

Banyak orang yang rajin menyikat gigi, namun banyak yang melewatkan lidah. Padahal, bakteri penyebab bau mulut bisa tumbuh dan berlipat di lidah.

Membersihkan serta menyikat lidah bisa mencegah munculnya bau mulut yang tak sedap ini. Kamu bisa menggunakan sikat gigi atau pembersih lidah khusus untuk masalah ini.


Lakukan Flossing

Lakukan flossing pada gigi untuk memastikan gigi benar-benar bersih sehingga tidak ada sisa makanan penyebab bakteri yang tertinggal. Siswa makanan merupakan penyebab bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

Adanya sisa makanan ini sayangnya sangat susah dibersihkan hanya dengan sikat. Membersihkan dengan dental floss bisa jadi cara untuk mengatasi dan mencegah munculnya bau mulut ini.


Periksa Gigi Palsu yang Kamu Miliki

Penyebab lain dari munculnya bau mulut adalah gigi palsu yang dipakai. Pastikan untuk membersihkan gigi palsu secara menyeluruh serta rutin.

Pastikan juga untuk memperhatikan lubang di gigi. Lubang ini bisa menyimpan bakteri yang menjadi penyebab munculnya bau napas tak sedap.


Permen Karet dan Mouthwash

Menggunakan mouthwash atau obat kumur merupakan hal yang biasa kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Sayangnya, secara jangka panjang, hal ini tidak bisa menjadi solusi.

Obat kumur ini hanya membuat napas segar untuk sementara waktu. Selain itu, kandungan alkohol yang biasa ada pada obat kumur ini bisa memperburuk bau mulut yang kamu alami.


Permen Karet Sebagai Jalan Keluar Sementara

Sama seperti mouthwash, permen karet dengan rasa mint juga bisa mengatasi bau mulut. Hanya saja, hal ini bisa dilakukan untuk sementara waktu.

Cara ini hanya mengatasi masalah mulut secara sementara dan tidak menghilangkan masalah yang muncul. Walau begitu, cara ini masih bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut yang muncul.


Perhatikan Obat dan Makanan

Hindari Antibiotik

Bakteri penyebab bau mulut berbeda dengan bakteri penyebab infeksi. Oleh karena itu, antibiotik tidak bisa berguna untuk mengatasi bau mulut.

Penggunaan antibiotik secara berlebihan bisa menimbulkan resistensi antibiotik. Hal ini bisa membuat bakteri menjadi lebih kuat dan tahan dengan obat tersebut.


Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Pilihan makanan dan minuman yang tepat juga bisa menjadi cara mencegah munculnya bau mulut. Beberapa makanan bisa menjadi penyebab bau mulut sedangkan makanan lain bisa membantu menghilangkan masalah ini.

Buah dan sayuran segar sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesegaran bau mulut. Sementara itu, kopi, daging, dan susu bisa memperburuk bau mulut.

Sejumlah makanan tertentu dengan bau kuat juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Selain itu, usai mengonsumsinya, pastikan untuk membersihkan mulut secara tepat.


Sumber : Merdeka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Mengatasi Munculnya Bau Mulut dan Membuat Napas Tetap Segar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel