Kanker Payudara Bisa Dialami Juga Oleh Pria, Kenali Gejalanya - Berita.Lagioke.Net

header

Kanker Payudara Bisa Dialami Juga Oleh Pria, Kenali Gejalanya


Beberapa penyakit terntentu lebih rentan dialami oleh jenis kelamin tertentu. Sebut saja seperti, kanker payudara yang umumnya hanya dianggap dialami oleh wanita.

Selama ini, kanker payudara sering disangka sebagai penyakit yang hanya dimiliki oleh wanita. Namun pada kenyataannya, penyakit ini juga bisa menyerang pria.

Meski tidak berkembang seperti wanita, pria memiliki sedikit jaringan lemak, otot dan kulit di bawah payudara tempat sel kanker berkembang.

Kasus kanker payudara pada pria memang terbilang sangat jarang ditemukan. Namun jika terjadi, pasien biasanya datang dalam kondisi stadium 3 ke atas dan tidak memiliki angka harapan hidup panjang. Hal ini karena masih kurangnya penelitian mengenai jenis kanker tersebut.

Gejala awal kanker payudara pria terlihat serupa dengan ginekomastia, atau pembesaran payudara pria karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron.

Tak ada penyebab pasti dari kanker payudara pria. Banyak hal dapat memicu pertumbuhan sel kanker, mulai dari faktor genetik hingga gaya hidup.

Sejumlah gejala tertentu bisa kenali oleh pria terhadap masalah kanker payudara ini. Dilansir dari WebMD, berikut sejumlah gejala kanker payudara yang bisa dikenali oleh pria.


Gejala Kanker Payudara pada Pria

1. Benjolan

Pria dengan masalah kanker payudara cenderung memiliki lebih dari satu benjolan. Tanda ini biasanya muncul di dada atau di bagian bawah ketiak. Benjolan yang muncul ini tidak akan terasa sakit jika disentuh atau ditekan.


2. Perubahan pada Payudara

Pada saat mengalami kanker payudara, kemungkinan terjadi perbedaan pada payudara pria. Kondisi ini bisa berupa perubahan ukuran maupun perubahan bentuk.


Perubahan yang Terjadi Pada Kulit Payudara


3. Munculnya tekstur pada payudara dengan bentuk menyerupai kulit jeruk

4. Muncul kerutan serta lipatan pada bagian payudara

5. Warna kemerahan serta bengkak pada payudara

6. Masalah di bagian puting seperti mengkerut atau keluarnya cairan pada bagian tersebut

7. Kondisi kemerahan dan bengkak pada puting payudara.


Terhadap gejala kanker payudara ini, pria dapat melakukan deteksi dini dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Berbeda dengan wanita, pria tidak perlu mengacu pada siklus menstruasi. Benjolan dan nyeri pada payudara pria juga lebih mudah dirasakan ketika diraba.





Sumber : Merdeka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kanker Payudara Bisa Dialami Juga Oleh Pria, Kenali Gejalanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel