Kiat Memilih Minyak Rambut yang Sesuai dengan Jenis Rambut - Berita.Lagioke.Net

header

Kiat Memilih Minyak Rambut yang Sesuai dengan Jenis Rambut



Ada beberapa jenis minyak rambut berbahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan rambut. Manfaat minyak rambut sendiri bergantung pada kandungan di dalamnya. Ada minyak yang membuat rambut lebih lembut, mencegah kerontokan rambut, dan lainnya.


Mengutip The Indian Express, dokter kulit dan dokter kecantikan di Mumbai, Dr. Pallavi Sule juga menyampaikan tentang peran penting dari minyak rambut. Menurutnya, minyak memainkan peran penting dalam melindungi rambut dari kerusakan karena menyerap ke akar rambut dan mengurangi penyerapan air.


“Hal ini mengisi celah antara sel-sel kutikula dan mencegah zat berbahaya memasuki folikel (pori-pori) rambut. Ada beberapa minyak mineral dan minyak nabati dengan sifat berbeda yang digunakan untuk mencegah kerusakan rambut, dan juga untuk pertumbuhan rambut, ”katanya.


Namun, perlu diketahui bahwa minyak rambut memiliki kegunaan masing-masing untuk jenis rambut yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis minyak rambut yang dapat digunakan sesuai dengan jenis rambut.



1. Minyak kelapa


Minyak kelapa terbukti dapat memberi kandungan protein pada batang rambut. Asam lemak bersama dengan asam laurat yang ada dalam minyak kelapa dapat membentuk lapisan rambut.


Minyak kelapa sering digunakan untuk merawat kondisi rambut, seperti rambut kering dan keriting. Selain itu, minyak kelapa melindungi rambut dari panas catokan dan mencegah kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). Minyak kelapa juga kaya akan sifat anti bakteri dan anti jamur.


2. Minyak argan


Minyak argan sering digunakan sebagai bahan dasar dari produk kosmetik rambut. Minyak ini kaya akan kandungan tokoferol (salah satu bentuk dari vitamin E), polifenol, dan antioksidan. Selain itu, minyak argan kaya akan vitamin A, C dan E serta asam linolenat yang bermanfaat sebagai pengganti kondisioner rambut. Minyak argan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala, mengobati ketombe, kulit kepala gatal, dan bahkan psoriasis.


3. Tea tree oil


Tea tree oil adalah minyak alami dan dikenal karena sifat anti inflamasi, anti bakteri dan anti jamur. Minyaknya dapat digunakan untuk mengobati ketombe, dermatitis seboroik, dan infeksi folikel rambut.


4. Castor oil (minyak jarak)


Minyak jarak dipercaya dapat mencegah rambut rontok dan penipisan rambut. Minyak jarak kaya akan monosaturated acids yang merupakan humektan yang membantu mengunci kelembapan rambut dan mencegah rambut kering. Lemak tak jenuh tunggal ini disebut juga dengan MUFA (monounsaturated fat acids).



Jadi, itu tadi beberapa jenis minyak rambut yang dapat digunakan sesuai dengan jenis rambut. Mengaplikasikan minyak pada kulit kepala dapat berfungsi untuk memperlancar aliran darah karena bahan utamanya adalah asam risinoleat. Ini membantu memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke rambut serta membantu pertumbuhan rambut.


Saat memilih minyak rambut, kamu harus mempertimbangkan kulit kepala, tekstur rambut, cuaca, kondisi iklim, dan lainnya. Misalnya, minyak pelembap dan penghidrasi seperti minyak kelapa cocok untuk rambut kering dan keriting.


Minyak rambut memang digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, minyak rambut terkadang dapat menyebabkan reaksi alergi. Jadi sebelum mengaplikasikannya, seseorang harus melakukan tes pada kulit di belakang telinga. Jika tidak ada kemerahan atau iritasi, minyak rambut dapat terus digunakan.



Sumber : Kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kiat Memilih Minyak Rambut yang Sesuai dengan Jenis Rambut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel