Kisah Gadis 13 Tahun Donasikan Organ Tubuhnya dan Selamatkan 8 Nyawa - Berita.Lagioke.Net

header

Kisah Gadis 13 Tahun Donasikan Organ Tubuhnya dan Selamatkan 8 Nyawa


Jemima Layzell, gadis 13 tahun menjadi satu-satunya orang di Inggris yang mendonasikan organ dalam tubuhnya kepada delapan orang berbeda.

Donasi organ tersebut merupakan permintaan Jemima sendiri. Permintaan yang kemudian dikabulkan pihak keluarga ketika gadis tersebut meninggal dunia. Berkat kebaikan Jemima, delapan orang yang menerima transplantasi organ pun bisa melanjutkan hidup mereka.

Semua berawal ketika suatu hari Jemima mengutarakan keinginannya untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan.

Salah satu caranya dia ingin organ-organ dalam tubuhnya disumbangkan kepada orang lain yang membutuhkan. Orang tua Jemima menyambut positif, dikutip dari BBC.

Beberapa minggu setelah mengutarakan keinginan itu, Jemima meninggal dunia karena terkena aneurisma otak, yakni munculnya tonjolan di pembuluh darah akibat lemahnya dinding pembuluh. Jika tonjolan itu meletus, pendarahan hebat akan menyebabkan kerusakan organ vital seperti jantung dan otak.

Jemima menghembutkan nafas terakhir di Bristol Royal Hospital for Children, pada Maret 2012 silam. Ada 8 organ tubuh Jemima yang disumbangkan, yakni jantung, usus kecil, pankreas, dua ginjal, dua paru-paru, dan hati.

Jantung Jemima diberikan kepada anak laki-laki berusia 5 tahun, paru-parunya diberikan kepada anak berusia 14 tahun. Hatinya dibelah dua diberikan kepada anak laki-laki usia 5 bulan dan 10 tahun.

Ginjalnya diberikan kepada orang berusia 19 dan 24 tahun, pakreasnya diberikan pada orang berusia 40 tahun, dan usus kecilnya diberikan kepada anak laki-laki 3 tahun.

Semua penerima transplantasi organ tubuh Jemima berasal dari berbagai negara. Mereka bisa melanjutkan hidup berkat kebaikan Jemima yang telah tiada.

Kisah Jemima ini kemudian diposting ulang oleh akun @wowfact.id di Instagram dan menuai beragam respons.

"Masyaallah," @amelviana96.

"Masha Allah...Amazing girl," tambah @linni_oktaviani.

"Karena dia, aku bisa melihat malaikat tak bersayap. Terima kasih Jemima. Semoga ditempatkan di sisi Tuhan," timpal @rararilu_. (ace)

Sumber: kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Gadis 13 Tahun Donasikan Organ Tubuhnya dan Selamatkan 8 Nyawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel