Kisah Tragis Pemuda Jual Ginjal demi Beli iPad & iPhone - Berita.Lagioke.Net

header

Kisah Tragis Pemuda Jual Ginjal demi Beli iPad & iPhone


"Tenang, jual saja ginjalmu jika jatuh miskin". Perkataan tersebut sering kita lihat di kolom komentar di berbagai media sosial. Meski memang benar ginjal merupakan organ tubuh manusia yang dihargai sangat mahal, namun hal tersebut jangan pernah Anda lakukan.

Pasalnya, seorang pemuda di China melakukan hal itu demi membeli iPad dan iPhone. Wang Shangkun, pemuda berusia 27 tahun ini menjual ginjalnya di pasar gelap saat dirinya berusia 17 tahun pada 2011 lalu untuk membeli dua barang tersebut.

Mengutip Fox News, Shangkun nekat menjual satu ginjalnya lantaran kala itu dia dikabarkan sangat ingin memiliki iPad 2 dan iPhone 4 yang tidak bisa diberi oleh kedua orang tuanya. Hal itulah yang membuatnya menjual salah satu organ terpenting di tubuh manusia tersebut.

Tahukah Anda meski dirinya pada 2011 lalu sangat bahagia usai memiliki dua barang tersebut. Akan tetapi, saat ini, ia malah pesakitan  dan tengah dirawat intensif di rumah sakit. Pasalnya, dirinya dikabarkan mengalami gagal ginjal dan kini kondisinya memprihatinkan.

Disebutkan, pada April 2011 lalu, ia menjual salah satu ginjalnya di pasar gelap. Anehnya, pemuda yang kala itu masih berusia 17 tahun dan sangat tergila-gila memiliki iPad dan iPhone bersedia menjalani operasi untuk mengangkat salah satu ginjalnya tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Seperti dilaporkan, operasi yang dilakukan awalnya berjalan lancar. Bahkan, dirinya dalam kondisi sehat walafiat usai menjalani operasi dan hidup dengan normal. Akan tetapi, hal tersebut ternyata tidak berlangsung lama.

Kondisi kesehatanya mulai memburuk terutama pada 2021. Ia kemudian mengalami penurunan fungsi ginjal atau sering disebut gagal ginjal. Menurut berbagai sumber, hal itu terjadi akibat operasi pengangkatan ginjal yang sebelumnya dilakukan tidak berjalan dengan SOP kedokteran dan berlangsung secara ilegal.

“Mengapa saya harus memiliki dua ginjal ? Satu saja sudah cukup," ucap Shangkun seperti dikutip dari Fox News.

Ucapannya tersebut pun malah membuat dirinya terkapar di rumah sakit. Bahkan, setiap hari, ia harus dibantu oleh selang pernafasan lantaran tubuhnya tidak sanggup lagi bernafas hingga harus dirawat intensif di rumah sakit.

Dilaporkan, ginjal yang ia jual pada April 2011 lalu disebut hanya Rp46 juta. Nominal tersebut lah yang membuat dirinya tergugah hingga menyetujui untuk menjalani operasi dan menjual satu ginjalnya demi membeli iPad dan iPhone.

Kini, kondisi pemuda tersebut dikabarkan makin memburuk. Bahkan, dirinya saat ini disebut tidak lagi berada di rumah sakit karena orang tua tidak mampu membiayai pengobatannya. Tak ayal, Shangkun hanya bisa berbaring di tempat tidurnya di bantu selang pernafasan yang membantunya agar tetap hidup.

Disebutkan, akibat peristiwa itu, kepolisian setempat telah menangkap 9 orang yang melakukan penjualan ginjal secara ilegal itu termasuk 2 orang dokter. Tidak hanya itu saja, keluarga Shangkun juga menerima kompensasi Rp48 miliar.

Kendati demikian, kondisi pemuda yang bersangkutan disebut kini makin memprihatinkan. Terlebih, ia juga dikabarkan harus secepatnya membeli kembali ginjal agar dirinya selamat dan tidak lagi hidup pesakitan. (fre)

Sumber: kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Tragis Pemuda Jual Ginjal demi Beli iPad & iPhone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel