Syarat Belum Lengkap, Marc Klok Tak Bisa Bela Timnas Indonesia Di Piala AFF - Berita.Lagioke.Net

header

Syarat Belum Lengkap, Marc Klok Tak Bisa Bela Timnas Indonesia Di Piala AFF


Marc Klok diharapkan bisa memperkuat timnas Indonesia dengan statusnya sebagai WNI, tapi ternyata tak semudah itu.

Marc Anthony Klok, pemain asal Belanda yang sudah berpaspor Indonesia, belum diketahui kapan bisa benar-benar mewujudkan impiannya membela timnas Indonesia. Itu karena, ada administrasi yang mengganjal untuk gelandang milik Persib Bandung tersebut.

Memang ada beberapa poin dari FIFA, supaya pemain yang beralih kewarganegaraan benar-benar bisa membela timnas mereka yang baru. Untuk kasus Marc Klok, Indra Sjafri menjelaskan bahwa ada tuntutan dari FIFA yang belum bisa dipenuhi oleh Klok.

"Marc Klok belum bisa berpindah asosiasi. Kasusnya seperti Ezra Walian beberapa waktu lalu. Menurut Marc Klok, dia tidak bisa menunjukkan dokumen keturunan. FIFA meminta dokumen keturunan. Kami juga tidak bisa membuktikan dokumen itu," urai Indra kepada awak media.

Indra menjabat sebagai direktur teknik PSSI, dan dirinya punya peran untuk timnas Indonesia. Persoalan Klok ini memang cukup unik, karena memang Klok diketahui tidak memiliki garis keturunan Indonesia. Jika memang masih ingin berpindah timnas dengan aturan FIFA, maka Klok harus menunggu lebih lama.

Dahulu, Klok mengaku masih memiliki garis keturunan Indonesia, meski sangat jauh, yakni dari buyutnya di Sulawesi Selatan. Tetap saja, bukti dokumen harus dipenuhi.

"FIFA meminta dokumen [bukti] keturunan [Indonesia]. Kami tidak bisa membuktikan, dia juga tidak bisa membuktikan ada dokumen itu. Akhirnya dia harus menunggu lima tahun tinggal di sini," pungkas Indra.

Klok menjadi warga negara Indonesia pada 2020 lalu, dan dirinya sangat ingin membela timnas Indonesia. Keinginan tersebut harus pupus pada event terbesar Piala AFF 2020, yang akan digelar Desember 2021 nanti, di Singapura. Klok sendiri berulang kali pernah menyatakan, perkara dirinya tak masuk daftar panggil timnas adalah alasan administrasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Syarat Belum Lengkap, Marc Klok Tak Bisa Bela Timnas Indonesia Di Piala AFF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel