Temuan Batu Akik Berusia 2.000 Tahun, Punya Ukiran yang Ada di Kitab Suci - Berita.Lagioke.Net

header

Temuan Batu Akik Berusia 2.000 Tahun, Punya Ukiran yang Ada di Kitab Suci


Sejumlah arkeolog menemukan batu akik kecubung berusia 2.000 tahun di wilayah Yerussalem. Di dalam batu akik berwarna ungu tersebut terdapat ukiran burung merpati dengan tanaman persimmon.

Batu berwarna ungu ini berfungsi sebagai stempel atau bisa dipakai juga sebagai cincin.

Para ahli meyakini ukiran tersebut menggambarkan tanaman persimmon, salah satu bahan untuk membuat wewangian yang dipersembahkan di kuil atau candi kuno di Yerusalem.

Mengutip BBC, otoritas kepurbakalaan Israel mengatakan tanaman persimmon, yang di kitab suci juga disebut sebagai balsam atau bosem.

Hal itu tak ada hubungan dengan buah persimmon atau buah kesemek yang kita kenal sekarang, dimanfaatkan untuk membuat parfum mahal, obat, dan minyak gosok pada era antara 516 sebelum Masehi hingga tahun 70 masehi.

Sementara itu, Profesor Shua Amorai-Stark menyatakan jika ukiran tanaman di batu kecubung ini memang tanaman persimmon seperti yang disebut di kitab suci.

Maka sang pemilik cincin stempel ini adalah warga Yahudi yang kaya atau punya pengaruh karena kontrol perdagangan tanaman persimmon ketika itu sangat ketat.

Stark juga berpendapat ukiran gambar burung tersebut kemungkinan besar adalah merpati. Pasalnya ukiran burung merpati dikenal sebagai motif yang kerap digunakan dalam tradisi Yunani, Romawi, dan Yahudi.

Merpati juga menjadi lambang kemakmuran dan kebahagiaan, serta kebaikan dan keberhasilan.

Para ahli memperkirakan usia batu akik itu sekitar 2.000 tahun, dengan mempertimbangkan bahwa penggunaan perhiasan atau batu berharga adalah sesuatu yang lazim pada era Second Temple, yang mengacu pada periode antara 516 Sebelum Masehi hingga tahun 70 Masehi.

Bagi arkeolog Eli Shukron yang melakukan penggalian di kawasan Kota Lama Yerusalem, temuan kecubung ini sangat penting.

Meski belum diketahui secara akurat siapa pemilik batu akik tersebut, temuan batu akik kecubung berwarna ungu dengan ukiran persimmon dan merpati itu merupakan temuan penting yang merefleksikan kehidupan di masa lalu. (ace)

Sumber: kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Temuan Batu Akik Berusia 2.000 Tahun, Punya Ukiran yang Ada di Kitab Suci"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel