5 Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan, Apa Saja? - Berita.Lagioke.Net

5 Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan, Apa Saja?


Masalah perut umumnya dapat disebabkan oleh beberapa gangguan. Mengetahui tanda dan gejala gangguan pencernaan umum dapat membantu orang mengidentifikasinya dan mencari pengobatan yang relevan. Lantas, apa penyebab gangguan sistem pencernaan? 

Gangguan pencernaan adalah kondisi yang terjadi ketika sistem pencernaan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pakar kesehatan membaginya menjadi dua kategori: gangguan GI organik dan fungsional.

Gangguan GI organik muncul saat ada kelainan struktural di sistem pencernaan, yang membuat sistek kerjanya menjadi dengan buruk. Sedangkan gangguan GI fungsional, saluran GI tampak normal secara struktural tetapi masih tidak berfungsi dengan baik.

Adapun beberapa penyebab gangguan sistem pencernaan melansir dari berbagai sumber, Selasa (21/12/2021), yaitu sebagai berikut.

  1.  Alergi makanan dan intoleransi makanan

Makanan tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi, termasuk pembengkakan pada bibir, mulut, bagian belakang tenggorokan. Mereka juga dapat menyebabkan mual dan muntah, tetapi ini akan memakan waktu lebih lama untuk berkembang. Gangguan pencernaan juga bisa disebabkan oleh intoleransi makanan.

  1.  Pola makan yang buruk

Diet tinggi lemak, gorengan dan makanan manis dan rendah serat dapat menyebabkan tinja lebih lambat melewati usus besar. Asupan air yang tidak memadai juga dapat menyebabkan sembelit, dan ini dapat menyebabkan banyak gangguan pencernaan lainnya.

  1.  Infeksi virus atau bakteri dan parasit

Bakteri, virus dan parasit dapat masuk ke dalam sistem pencernaan melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi, atau kontak dengan tinja yang terinfeksi dan kemudian menelan kuman atau dari makan makanan yang terinfeksi atau minum air yang terinfeksi.

  1.  Peradangan dan penyakit auto-imun

Gangguan ini terjadi saat sistem kekebalan menyerang dan merusak jaringan tubuh sendiri, yang mana dapat melibatkan bagian mana pun dari sistem pencernaan. Penyakit autoimun yang mempengaruhi saluran pencernaan termasuk lupus eritematosus sistemik, rheumatoid arthritis, Sindrom Sjogren dan scleroderma, dan lainnya.

  1.  Gaya hidup

Tingkat stres tinggi yang konstan, kurang olahraga, merokok, dan minum alkohol dapat memengaruhi sistem pencernaan. Meskipun sulit untuk mengisolasi penyebab tunggal dari sesuatu seperti GERD, gaya hidup sehat dan pilihan diet dapat meringankan keparahan dan frekuensi episode gangguan ini.

Demikian informasi mengenai penyebab gangguan sistem pencernaan yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.



Sumber : Suara

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan, Apa Saja?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel