Bukan Mau Dapat Uang, Ini Penyebab Sebenarnya Mengapa Jari Terasa Gatal - Berita.Lagioke.Net

Bukan Mau Dapat Uang, Ini Penyebab Sebenarnya Mengapa Jari Terasa Gatal


Pada masyarakat, terdapat berbagai mitos yang beredar terkait kondisi tubuh seseorang. Salah satu mitos itu adalah anggapan bahwa ketika jari terasa gatal maka kita akan memperoleh uang atau rezeki.

Secara ilmiah, tentu saja hal ini tidak bisa dibutkikan kebenarannya. Secara kesehatan, jari yang gatal sebenarnya merupakan hal yang sangat normal dialami seseorang.

Walau jari yang gatal merupakan tanda bahwa kondisi tubuh seseorang sedang normal, namuna kondisi ini terjadi pada jangka waktu lama maka kamu harus berhati-hati. Terdapat sejumlah masalah kesehatan yang mungkin dialami ketika kamu merasakannya.

Sejumlah masalah kesehatan bisa menjadi penyebab munculnya rasa gatal di jari ini. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah hal yang bisa jadi penyebab munculnya rasa gatal ini.

1. Eksim Dishidrotik

Eksim Dishidrotik merupakan kondisi kulit yang menyebabkan benjolan-benjolan kecil terutama di telapak tangan atau bagian luar jari. Benjolan ini biasanya sangat gatal dan berisi cairan.

Kondisi ini tak hanya terjadi pada jari namun juga pada kaki dan di antara jari. Masalah ini biasanya terjadi akibat alergi musiman dan stres.

Psoriasis dan Diabetes

2. Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi autoimun kronis yang menyebabkan penumpukan secara cepat di sel kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah dan menimbulkan benjolan.

Masalah kulit ini cenderung rentan dialami bagian persendian seperti siku dan lutut. Walau begitu, bukan tak mungkin bahwa masalah ini bisa terjadi di jari dan kuku.

3. Neuropati Periferal Diabetes

Bagi penderita diabetes, munculnya rasa geli dan gatal di jari bisa disebabkan karena neuropati periferal. Komplikasi kesehatan ini kerap muncul akibat diabetes tipe 1 dan 2.

Kondisi kesehatan ini menyebabkan kerusakan saraf akibat kadar gula darah yang tak terkontrol. Masalah ini bisa berdampak baik pada tangan maupun kaki.

Dermatitis Kontak dan Skabies

4. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak atau biasa disebut sebagai eksim kontak terjadi ketika kulit terpapar iritan. Iritan umum termasuk logam tertentu, parfum, serta bahan-bahan tertentu bisa jadi penyebab masalah ini.

Masalah ini sangat mudah kamu alami terutama karena sepanjang hari kamu bersentuhan dengan berbagai macam hal. Mengetahui penyebab dari dermatitis yang kamu alami ini dan sebisa mungkin menghindarinya merupakan hal yang penting dilakukan.

5. Skabies

Skabies merupakan masalah kulit yang sangat menular. Maslah ini disebabkan karena tungau dengan ukuran sangat kecil yang masuk ke kulit dan bertelur.

Kondisi ini bisa terjadi pada kulit yang berada di antara jari-jari. Kondisi ini bisa diatasi dengan sejumlah salep atau obat minum untuk menanganinya.



Sumber : Merdeka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bukan Mau Dapat Uang, Ini Penyebab Sebenarnya Mengapa Jari Terasa Gatal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel