Curhat Wanita Dapat Ranking 1 Tes Perangkat Desa, tapi Anak Kades yang Lolos - Berita.Lagioke.Net

Curhat Wanita Dapat Ranking 1 Tes Perangkat Desa, tapi Anak Kades yang Lolos


Digagalkan dengan penuh kecurangan merupakan hal menyakitkan dan sangat tidak bisa diterima. Apalagi, cara tersebut dilakukan dengan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Peristiwa inilah yang diduga terjadi di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Seorang peserta yang mengikuti tes perangkat desa bernama Eka Widyayu Wardani mengaku dicurangi oleh orang yang sengaja menggagalkannya. Bahkan, meski mendapat nilai tertinggi alias ranking 1, ia malah tidak diterima.

Hal inilah yang membuatnya bersuara di akun Instagram pribadinya lantaran menduga proses perekrutan perangkat desanya berbau nepotisme. Ditambah, peserta yang lditerima sebagai kepala seksi pemerintahan dikabarkan merupakan anak Kepala Desa Plumbon.

"Saya melakukan pendaftaran, melengkapi berkas, mengikuti ujian dan mendapatkan nilai akhir tertinggi di tes. Tapi kenapa yang terpilih itu malah peserta yg nilainya jauh di bawah saya dan perserta yg terpilih itu anak kepala desa sendiri," tulis Eka di keterangan postingan yang diunggah pada Selasa (14/12/2021).

Diceritakan, seleksi perangkat desa dengan posisi jabatan tersebut diikuti 9 peserta. Mulai dari Eka Widyayu Wardani, Joko Sujiyanto, Alief Kurniawati, Ridwan Nur Hardiyanto, Sulastriyani, Diyah Perwitasari, Anna Pudjiastuti, Yahmanto Budi, dan Rahmania Auriel Zaeni merupakan peserta yang mengikuti tes tersebut.

Dari sembilan peserta itu, Eka mendapat nilai tertinggi 73,93 dan dinyatakan lulus. Bahkan, nilai wanita bergelar sarjana pendidikan tersebut jauh mengungguli delapan peserta lain yang juga mengikuti tes perangkat desa itu.

Akan tetapi, betapa terkejutnya dirinya, ia ternyata tidak diterima sebagai perangkat desa untuk mengisi jabatan Kepala Seksi Pemerintahan. Meski mendapat nilai tertinggi alias ranking 1, Eka malah dinyatakan tidak lulus.

Anehnya, dari hasil tes perangkat desa tersebut, peserta yang merupakan anak Kepala Desa Plumbon dikabarkan malah dinyatakan lulus. Padahal, nilai peserta yang bersangkutan jauh di bawah wanita bernama Eka itu.

Dikabarkan, peserta yang lulus tersebut diduga bernama Joko Sujiyanto yang merupakan anak kepala desa setempat. Hal itulah yang diprotes Eka lantaran dianggap telah dicurangi oleh penitia seleksi. Apalagi, perekrutan perangkat desa diduga berbau nepotisme.

"Kalau ujung-ujungnya anaknya sendiri kenapa harus ada tes, bukannya itu termasuk pemborosan anggaran desa? Karena info yang saya dapat, untuk mengikuti tes dengan pihak ketiga, mengeluarkan biaya Rp800.000,00/peserta dan itu diambil dari uang belanja desa," tulisnya lagi.

Begitulah pengakuan kekecewaan Eka saat mengetahui dirinya tidak diterima mengisi jabatan perangkat desa meski memiliki nilai tertinggi. Menurutnya, seleksi tersebut diduga hanya untuk mencairkan anggaran desa dan ujung-ujungnya jabatan tersebut diberi ke anak kepala desa itu sendiri.

Sementara itu, usai viral di dunia maya, Inpektorat Kabupaten Karangayar mengomentari postingan tersebut. Mereka berjanji akan mempelajari dan berkordinasi mengenai dugaan kecurangan proses perekrutan perangkat desa tersebut.

Kini, postingan yang telah beredar di berbagai dunia maya itu sontak ramai diperbincangkan. Bahkan, para warganet menyindir hingga mengecam kepala desa setempat karena diduga melakukan kecurangan dengan meloloskan anaknya sendiri dengan jumlah nilai jauh di bawah wanita bernama Eka Widyayu Wardani.

"Sabar Mbak Eka, semangat. Semoga ada titik terang, up viralkan," tulis @mj_frogmen.

"Aku suka speak up mu mbak, sangar, jos tenan. Semoga rezekinya diganti yang lebih baik sama Allah ya, mbak," sahut @ricisku_.

"Banyak terjadi seperti ini di negeri Konoha. Tetap semangat mbak," lanjut @prestiantoirwan.

"Tesnya hanya untuk formalitas mbak," timpal @susisuryasoemarta. (fre)

Sumber: kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Curhat Wanita Dapat Ranking 1 Tes Perangkat Desa, tapi Anak Kades yang Lolos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel