Kenapa Ibu Hamil Perlu Cukup Tidur Setiap Hari? - Berita.Lagioke.Net

Kenapa Ibu Hamil Perlu Cukup Tidur Setiap Hari?


Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus tercukupi dengan baik, termasuk ibu hamil. Dengan tidur, kita akan memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat sejenak dari berbagai aktivitas. Tidur juga dapat membantu memulihkan kembali energi yang telah hilang.

Inilah yang menjadi alasan kenapa seseorang merasa segar dan bugar setelah bangun tidur. Rasa lelah dan pegal-pegal pada tubuh rasanya membaik jika kita punya waktu istirahat yang berkualitas.

Sayangnya, kebanyakan wanita sering kali mengalami gangguan tidur di masa-masa kehamilannya. American Pregnancy Association mengatakan bahwa setidaknya 78 persen ibu hamil mengalami insomnia atau gangguan tidur. Namun, ini termasuk hal yang wajar terjadi pada ibu hamil.

Gangguan tidur pada ibu hamil kerap membuat mereka kesulitan tidur sehingga mudah lelah keesokan harinya. Padahal, penting bagi ibu hamil untuk menjaga kualitas tidurnya dengan baik setiap harinya. Lantas, kenapa cukup tidur penting untuk ibu hamil?

Penjelasan soal Pentingnya Cukup Tidur Bagi Ibu Hamil

Sleep Foundation melansir, waktu tidur yang berkualitas selama kehamilan sangat penting bagi ibu dan bayi di dalam kandungan. Tidur cukup selama kehamilan dapat memengaruhi stamina, memori, nafsu makan, pengambilan keputusan dan suasana hati yang baik bagi ibu hamil.

Artinya, ibu hamil akan lebih mudah lelah dan selalu merasakan kantuk di siang hari jika kurang tidur di malam sebelumnya. Ibu hamil juga mungkin tidak memiliki konsentrasi yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaannya, misalnya tidak bisa mengambil keputusan yang tepat dan sering kali melupakan hal-hal penting.

Kurang tidur juga akan membuat ibu hamil lebih sensitif terhadap berbagai hal. Mereka mungkin mudah tersulut emosi pada hal-hal kecil yang sebenarnya tidak perlu. Kemudian, yang tidak kalah penting, mereka bisa saja melupakan waktu makannya karena terlalu lelah dengan aktivitas yang dilakukannya.

Mengutip National Library of Medicine, kurang tidur kronis selama kehamilan juga bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Ini lah yang menjadi alasan kenapa tidur dianggap penting dan memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan ibu hamil dan janin.

Tidur yang cukup selama kehamilan dapat membantu mengatur kadar gula darah tetap normal di dalam tubuh. Oleh karena itu, kurang tidur sering kali dikaitkan dengan meningkatnya risiko diabetes gestasional pada ibu hamil.

Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang kurang atau kelebihan tidur di awal kehamilan rentan mengalami tekanan darah tinggi pada trimester ketiga. Selain itu, kurang tidur di masa awal kehamilan juga bisa meningkatkan risiko preeklamsia. Ini merupakan kondisi yang dapat menyebabkan kelahiran prematur dan komplikasi yang bisa menyerang jantung, ginjal dan organ lainnya.

Tak sampai di sana, kualitas tidur yang buruk selama kehamilan juga bisa berdampak pada bayi. Ya Moms, bayi berisiko mengalami masalah tidur setelah lahir. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kualitas tidur selama kehamilan demi menjaga kesehatan diri dan bayi di dalam kandungan.




Sumber : Kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa Ibu Hamil Perlu Cukup Tidur Setiap Hari?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel