SMS Pertama di Dunia Berbunyi Pesan Merry Christmas Terjual Rp1,7 Miliar - Berita.Lagioke.Net

SMS Pertama di Dunia Berbunyi Pesan Merry Christmas Terjual Rp1,7 Miliar


Sebuah pesan teks alias SMS pertama di dunia yang dikirim pada 3 Desember 1992 berhasil terjual fantastis di Prancis. Pesan berisi "Merry Christmas" tersebut dijual seharga 107.000 euro atau sekitar Rp1,7 miliar di rumah pelelangan di Kota Paris.

Mengutip Reuters, pesan tersebut dikirim pada akhir tahun 1992 yang kemudian dilelang di rumah pelelangan bernama Aguttes Auction House. SMS tersebut dikabarkan dikirim oleh teknisi Vodafone bernama Neil Papworth saat mengucapkan selamat natal ke manajernya di Britania Raya.

Pesan yang berisi 2 kata tersebut dikirim ke telepon orbitel yang hampir sama dengan telepon kantor namun tidak memiliki kabel dan pegangan yang berbobot sekitar 2 kilogram. Isi teks tersebut merupakan ucapan selamat natal yang dikirim Neil ke manajernya 29 tahun silam.

"Itu terjadi di tengah acara akhir tahun sehingga dia mengirimkan pesan, 'Selamat Natal'," ucap Maximilien Aguttes, Kepala Pengembangan Aguttes Auction House. 

Aset digital berupa pesan teks tersebut ternyata laris manis diburu banyak orang meski hanya sebuah SMS singkat yang berbunyi "Selamat Natal". Aset digital atau sering disebut token non-fungible (NFTs) merupakan bisnis baru yang melejit sejak 2017 hingga saat ini.

Bisnis-bisnis tersebut berupa foto, video, musik, hingga teks merupakan aset yang diperjualbelikan di rumah pelelangan. Sama halnya dengan SMS pertama berbunyi 'Selamat Natal' yang dikirim pada 3 Desember 1992.

Teks berjumlah dua kata tersebut terjual dengan harga fantastis senilai Rp1,7 miliar. Padahal, menurut Aguttes, perdagangan aset digital merupakan bisnis ilegal di Prancis hingga mereka pun mengakali pesan teks tersebut menampilkan bentuk bingkai digital, kode, hingga protokol komunikasi.

Selanjutnya, orang yang membeli teks Selamat Natal tersebut akan menerima replika protokol komunikasi asli untuk mengirim SMS tersebut. Uniknya, hasil pelelangan teks tersebut akan diberi ke Komisi Tinggi dan Pengungsi atau Komisariat Tinggi Urusan Pengungsi PBB (UNHCR).

Kendati demikian, harga SMS pertama tersebut mampu membuat publik terheran-heran. Sebab, tak sedikit pula yang menilai harga pelelangan tersebut sangat fantastis hingga terjual Rp1,7 miliar. Terlebih, teks tersebut hanya berjumlah dua kata alias ucapan Selamat Natal. (fre)

Sumber: kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SMS Pertama di Dunia Berbunyi Pesan Merry Christmas Terjual Rp1,7 Miliar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel