Viral Toilet di SDN, Anggarannya Gede tapi Kondisinya Memprihatinkan - Berita.Lagioke.Net

Viral Toilet di SDN, Anggarannya Gede tapi Kondisinya Memprihatinkan


Anggaran toilet SD di Kota Serang, Banten, senilai Rp134 juta menuai kecaman dari publik. Apalagi, penampakan toilet tersebut sangat memprihatinkan lantaran tidak dialiri air hingga kondisi tak terpakai dan sangat kotor.

Proyek yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Serang tersebut lantas ramai dibahas warganet usai diunggah di akun Instagram @kamerapengawas.id. Perekam video tampak memperlihatkan kondisi toilet yang tidak terpakai karena tidak adanya aliran air.

"Penampakan toilet SDN yang dibangun oleh Pemkot Serang dengan biaya Rp134 juta. Keren ya mewah," bunyi tulisan dan keterangan di postingan tersebut.

Dalam video yang diunggah, perekam memperlihatkan kondisi toilet yang diduga di SD Negeri Pageragung, Kecamatan Walantaka. Jika dilihat sekilas dari luar, toilet tersebut tampak bagus dengan bercat kuning dan putih.

Bahkan, atap dari toilet juga terlihat sangat baik lantaran baru dibangun. Terlihat, ada dua toilet yang dibangun untuk diperuntukkan bagi lelaki dan perempuan. Tidak hanya itu saja, toilet tersebut juga berlantai keramik biru.

Kendati demikian, penampakan dari luar ternyata sangat berbeda jika telah berada di dalam toilet tersebut. Terlihat kloset duduk dan jongkok hingga tempat cuci tangan ternyata sangat kotor. Lebih mengagetkan lagi, toilet itu belum dialiri air.


Tak ayal, toilet yang dibangun senilai Rp134 juta itu tidak bisa dipakai karena tidak memiliki air. Ditambah, kondisi di dalam toilet tersebut juga terbilang kotor. Terlihat jelas kloset jongkok tampak menguning seperti warna kotoran manusia.

Tak cukup sampai di situ, perekam video juga memperlihatkan tempat buang air kecil di toilet laki-laki. Ia tampak menekan tombol flush namun tidak mengeluarkan air. Kondisi serupa dengan toilet wanita  juga memprihatinkan.

Tidak dialiri air, kotor, hingga tak terpakai merupakan tiga hal yang membuat proyek pembangunan toilet Rp134 juta tersebut dianggap seolah merupakan proyek akal-akalan. Meski terlihat bagus dari luar, toilet itu ternyata tidak sebaik harganya lantaran tak terpakai.


Lantas, proyek yang terbilang besar tersebut malah menjadi olok-olokan publik di dunia maya. Tak dimungkiri, para warganet terheran-heran dengan toilet yang dibangun Rp134 juta tersebut namun tidak dialiri air hingga tak terpakai.

Di samping itu, ada juga yang menyoroti nominal proyek tersebut. Beberapa menganggap pembangunan itu sebenarnya ditaksir hanya Rp30 juta, bukan Rp134 juta. Menurut mereka, anggaran besar tersebut merupakan tindakan korupsi yang diduga dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Terlepas dari itu, video yang dibagikan pada Rabu (29/12/2021) ramai dibahas di dunia maya. Bahkan, banyak warganet geleng-geleng kepala melihat kondisi toilet yang memiliki anggaran senilai Rp134 juta tersebut.  

Sementara itu, dikabarkan, toilet tersebut akhirnya dialiri air yang diambil dari toilet yang lama atau memanfaatkan sanitasi air yang ada. Lebih mengherankan lagi, proyek pembangunan toilet Rp134 juta itu disebut-sebut ternyata nbelum termasuk fasilitas sanitasi air.  

"Kalau kayak gini harus lapor siapa, ya?," tulis @mocksweerlig.

"Sini borong aja ama gua kalau mau jadi begitu cukup Rp30 juta aja," sahut @fauzand112.

"Iri bilang bos hahaha. Makanya jadi pejabat biar bisa main sulap," lanjut @terapis_santuy.

"Dana segitu mah bisa buat perbaiki fasilitas sekolah yang rusak," ti

Sumber: kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Viral Toilet di SDN, Anggarannya Gede tapi Kondisinya Memprihatinkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel