4 Dampak Buruk Minuman Beralkohol bagi Kesehatan, Hati-hati! - Berita.Lagioke.Net

4 Dampak Buruk Minuman Beralkohol bagi Kesehatan, Hati-hati!


Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah zat psikoaktif dan komsumsinya dapat menyebabkan kehilangan kesadaran. Minuman beralkohol dibuat dengan cara fermentasi khamir dari bahan baku yang mengandung pati atau gula tinggi. Bahan baku yang dipakai biasanya adalah seperti beras, jagung, gandum, umbi-umbian, buah-buahan seperti anggur, apel, cherry, atau bisa menggunakan tanaman palem seperti aren dan kelapa yang banyak ditemukan di Indonesia.

Banyak yang beranggapan bahwa minum minuman beralkohol bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan vitalitas atau stamina. Namun, tak sedikit pula bahaya yang ditimbulkan dari minuman beralkohol ini apabila dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini, hallosehat dan alodokter merangkum 4 dampak buruk minuman beralkohol bagi Kesehatan.

1. Merusak hati

Dampak buruk pertama yang bisa ditimbulkan dari minuam berakhohol untuk kesehatan, yakni merusak fungsi hati. Hati merupakan organ yang berfungsi untuk menetralisir racun dari dalam darah, metabolisme kolesterol, dan memproduksi protein yang berguna untuk proses pembekuan darah.

Fungsi hati tersebut akan terganggu bahkan rusak jika terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Hati akan bekerja lebih keras untuk memproses alkohol, membuat hati mengalami peradangan dan memicu munculnya gangguan seperti Sirois, hepatitis alkoholik hingga kanker hati.

2. Masalah pada sistem pencernaan

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dalam jangka waktu panjang juga dapat berdampak buruk pada sistem pencernaan. Jika saluran pencernaa rusak, nutrisi yang diserap kedalam tubuh tidak akan maksimal, sehingga anda akan kekurangan nutrisi. Selain itu bahaya meminum alkohol berlebih juga dapat menyebabkan luka pada dinding lambung (gastritis) bahkan sampai kanker di saluran pencernaan.

3. Meningkatkan resiko terkena penyakit jantung

Selain kedua dampak buruk di atas, menonsumsi minuman beralkohol secara berlebih dapat memicu munculnya gangguan pada jantung. Beberapa di antaranya seperti gangguan irama jantung, peningkatan tekanan darah, melemahnya obat jantung, hingga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

4. Menurunkan fungsi otak

Fungsi otak bisa mengalami penurunan jika terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol. Ini disebabkan karena kandungan dalam minuman beralkohol dapat mengganggu zat kimiawi yang berfungsi sebagai pangatur sistem kerja otak. Hal tersebut akan menyebabkan berbagai macam gangguan seperti kehilangan koordinasi, berkurangnya refleks tubuh, menurunnya penglihatan, gangguan mood, mudah lupa dan masih banyak lainnya.

Demikianlah empat dampak buruk minuman beralkohol bagi Kesehatan yang perlu kamu waspadai. Mengkonsumsi minuman beralkohol boleh saja sebenarnya, asalkan tidak berlebihan dan bertaggung jawab.



Sumber : Suara

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Dampak Buruk Minuman Beralkohol bagi Kesehatan, Hati-hati!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel