Alasan Mengapa Penting untuk Membuat Bayi Bersendawa dan Cara Tepat Melakukannya - Berita.Lagioke.Net

Alasan Mengapa Penting untuk Membuat Bayi Bersendawa dan Cara Tepat Melakukannya


Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh orangtua setelah memberi makan buah hati mereka adalah membuat mereka bersendawa. Secara ilmiah, hal ini diketahui bisa membantu mengatasi kondisi tak nyaman yang dialami oleh bayi.

Sendawa pada bayi ini bisa membantu mengeluarkan gas berlebih yang terdapat di dalam perut bayi. Hal ini bisa berdampak baik terhadap pencernaan mereka dan selanjutnya membuat mereka merasa lebih nyaman.

Terbentuknya formasi gas berlebih di perut juga bisa terjadi akibat susu yang tidak bisa dicerna secara sempurna. Hal ini bisa terjadi kibat kandungan tertentu pad susu formula yang diberikan pada bayi.

Penumpukan gas yang sebenarnya normal pada manusia ini bisa jadi sangat mengganggu ketika terjadi pada balita. Oleh karena itu, penting untuk membuat bayi bersendawa demi mengeluarkan gas berlebih ini.

Dilansir dari Boldsky, membuat bayi bersendawa ini penting dilakukan setidaknya hingga mereka berusia 4-5 bulan. Kebiasaan ini sebaiknya mulai dilakukan pada saat bayi baru lahir.

Alasan Mengapa Harus Membuat Bayi Bersendawa Setelah Makan


Melepaskan Gas Berlebih

Membuat bayi bersendawa setelah makan membantu mengeluarkan gas berlebih di perut. Mengeluarkan gas berlebih ini merupakan cara tepat mengatasi kolik pada bayi tanpa intervensi medis.

Melancarkan Pencernaan

Melepaskan gas berlebih di perut bisa melancarkan pencernaan pada buah hati. Keluarnya gas berlebih melalui sendawa ini membuat bayi tidak akan mengalami masalah pencernaan.

Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Menidurkan bayi dengan nyenyak merupakan hal yang kadang tak mudah dilakukan. Munculnya gangguan di perut bayi bisa membuat mereka kerap mengalami masalah saat tidur. Kondisi ini bisa membantu buah hati menjadi lebih aktif dan ceria pada saat bangun.

Cara Membuat Bayi Bersendawa setelah Makan


Setelah makan, peluk bayi di dada dan tepuk-tepuk punggungnya secara perlahan. Sandarkan kepalanya ke bahumu. Pastikan kamu menahan leher bayi dengan tangan lain ketika menepuk punggungnya.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memangku bayi sambil menahan tubuh dan kepalanya dengan satu tangan. Tepuk punggung mereka dengan lembut untuk mengeluarkan udara.

Jika bayi tidak nyaman dengan dua posisi tersebut, buat mereka tengkurap. Cara ini tidak hanya membantu melepaskan gas dari perut namun juga menghilangkan rasa tak nyaman setelah makan.

Cara Lain yang Bisa Dilakukan


Walau penting untuk membuat bayi bersendawa, nmun tidak apa-apa jika terkadang kamu gagal melakukannya. Beberapa cara lain berikut bisa kamu lakukan untuk membuat bayi bersendawa.

Kamu bisa meletakkan bayi pada selimut di lantai. Angkat kaki mereka dan dekatkan lutut ke perut bayi dan lakukan berulang kali hingga mereka bersendawa.

Memijat bayi juga bisa jadi cara untuk melepaskan gas berlebih di dalam perut.

Jika bayi kesulitan untuk bersendawa, kamu bisa coba untuk memandikan mereka dengan air hangat. Cara ini bisa melegakan perut mereka yang penuh gas.



Sumber : Merdeka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alasan Mengapa Penting untuk Membuat Bayi Bersendawa dan Cara Tepat Melakukannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel