Anak Demam Berdarah, Boleh Mandi Enggak Ya? - Berita.Lagioke.Net

Anak Demam Berdarah, Boleh Mandi Enggak Ya?


Orang tua bisa saja langsung panik bila anak didiagnosis terkena demam berdarah. Apalagi, jika kita belum tahu apa yang harus dilakukan saat si kecil menunjukkan tanda-tanda seperti demam tinggi atau pun nyeri pada otot dan persendiannya.

Ya Moms, misalnya saja soal urusan mandi. Beberapa orang tua mungkin ragu untuk memandikan anaknya atau tidak saat terkena demam berdarah dengue (DBD). Mereka mungkin berpikir bahwa mandi justru akan memperparah kondisi demam si kecil.

Lantas, sebenarnya boleh enggak sih anak mandi saat sakit demam berdarah?

Penjelasan soal Boleh Tidaknya Anak Mandi saat Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh penularan virus dengue yang dibawa nyamuk aedes aegypti. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tubuh, misalnya dengan mandi menjadi faktor penting untuk membantu mempercepat pemulihan anak dari penyakit tersebut.

Dikutip dari laman resmi AMRI Hospital India, anak boleh-boleh saja mandi saat menderita demam berdarah. Mandi yang boleh dilakukan anak termasuk mandi biasa atau hanya mandi dengan mengusap-usap badan menggunakan kain atau handuk bersih setengah basah.

Hal ini juga senada dengan yang dijelaskan oleh Dr. Suranjit Chatterjee, Konsultan Senior, Penyakit Dalam, di Indraprastha Apollo Hospitals, New Delhi. Menurutnya, anak-anak boleh mandi serta keramas saat demam, tapi mereka harus segera mengeringkan rambutnya dengan benar.

Saat mandi, aliran air akan membantu melepaskan demam dari tubuh anak. Mandi tidak hanya membantu menurunkan demam pada anak, tapi juga membuat tubuh si kecil menjadi lebih rileks. Mandi dengan mengusap pakai kain atau waslap, bisa jadi pilihan untuk bayi dan anak kecil yang tidak bisa mandi sendiri saat sakit demam berdarah.

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa air yang digunakan untuk memandikan anak saat sakit demam berdarah sebaiknya adalah air hangat. Jadi, pastikan suhu air tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk si kecil ya, Moms.



Sumber : Kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Anak Demam Berdarah, Boleh Mandi Enggak Ya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel