Kenali 5 Jenis Protein Berdasarkan Fungsinya - Berita.Lagioke.Net

Kenali 5 Jenis Protein Berdasarkan Fungsinya


Banyak dari kamu yang mungkin hanya mengetahui protein jenis hewani serta nabati. Berdasarkan fungsinya, nutrisi tersebut terbagi menjadi beberapa jenis dan berikut lima daftarnya yang perlu diketahui.

  • 1. Protein Antibodi

Pertama, ada protein antibodi yang juga disebut defensif karena berfungsi untuk melindungi tubuh. Tepatnya dari molekul atau mikroorganisme asing. Selain itu, perannya juga sebagai pembentuk daya tahan pada tubuhmu.

Jika kebutuhannya terpenuhi, pembentukan antibodi melalui jenis protein ini akan menjadi lebih optimal serta bersifat protektif. Dengan begitu, tubuh akan mampu melawan dan bertahan saat penyakit berusaha memasukinya.

  • 2. Protein Enzim

Jenis protein selanjutnya adalah berfungsi sebagai pembentuk enzim. Manfaatnya sendiri untuk menunjang berbagai reaksi kimia yang terjadi pada tubuh. Misal, semua sumber nutrisi harus diubah menjadi bentuk lebih sederhana. Mengapa?

Pasalnya, agar tidak sulit untuk diserap. Nah, guna mengubahnya, diperlukan reaksi kimia yang semula rumit dapat menjadi semakin lancar jika ada enzim di dalam tubuh. Oleh karena itu, jenis protein ini sangat dibutuhkan saat penyerapan gizi.

  • 3. Protein Hormon

Salah satu jenis protein juga berperan sebagai bahan dasar pertumbuhan hormon. Cara kerjanya, membawa pesan kimia dan mengantarkannya melalui aliran darah. Setiap jumlahnya diketahui akan mempengaruhi sel tertentu pada tubuh yang dikenal dengan istilah target.

Contoh, pankreas, organ tubuh yang memproduksi insulin sebagai respon adanya kadar gula darah usai mengonsumsi makanan.

Hormon ini bekerja mengikat gula pada darah, sehingga tidak menumpuk. Maka dari itu, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti diabetes.

  • 4. Protein Struktural

Protein struktural merupakan jenis yang paling besar karena berperan penting dalam menciptakan fondasi tubuh dari tingkat sel. Beberapa contoh yang paling umum diantaranya keratin dan kolagen.

Keratin adalah jenis protein yang kuat dan berkilau, sehingga dapat membentuk struktur rambut, kulit, gigi, dan kuku. Sementara kolagen bermanfaat dalam membangun kekuatan tulang, otot, serta tendon.

  • 5. Protein Pengikat

Fungsi dari protein jenis ini adalah mengikat nutrisi dan komponen yang akan digunakan tubuh, seperti zat besi. Penyimpanan senyawa ini akan bersamaan dengan feritin yang juga berperan sebagai pengikat. Biasanya proses tersebut dimanfaatkan untuk membentuk sel darah merah.

Itulah kelima jenis protein berdasarkan tugasnya yang perlu diketahui. Apakah kamu selalu mencukupi kebutuhan harian nutrisi tersebut?



Sumber : Suara

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenali 5 Jenis Protein Berdasarkan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel