Makanan dan Pantangan Darah Tinggi yang Perlu Dihindari - Berita.Lagioke.Net

Makanan dan Pantangan Darah Tinggi yang Perlu Dihindari


Bagi penderita hipertensi, penting untuk mengetahui pantangan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi berarti darah Anda memompa dengan kekuatan lebih dari biasanya melalui arteri Anda. 

Hipertensi ini merupakan gangguan umum dari sistem peredaran darah, mempengaruhi sekitar satu dari tujuh orang dewasa dan menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Orang yang lebih tua mungkin mengalami perubahan pola tekanan darah karena arteri mereka menjadi lebih kaku (kurang elastis).

Hipertensi biasanya tidak menimbulkan gejala. Ini berarti kebanyakan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Para ahli merekomendasikan bahwa setiap orang harus memeriksakan tekanan darahnya secara teratur (sebaiknya setiap tahun).

Selain memeriksakan tekanan darah secara teratur, penting juga untuk mengetahui pantangan bagi penderita darah tinggi agar gejalanya tidak semakin parah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pantangan darah tinggi yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Makanan Berkalori Tinggi

Untuk pasien hipertensi, perlu untuk mengontrol total kalori dalam makanan sehari-hari. Untuk beberapa makanan berkalori tinggi, cobalah untuk mengurangi jumlah asupannya. Banyaknya lemak dalam tubuh membuat tekanan darah meningkat berulang kali, sehingga dapat memicu beberapa penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.

2. Makanan Tinggi Garam

Untuk pasien hipertensi, asupan garam harian harus dikontrol dalam diet harian, dan total asupan garam harian tidak boleh melebihi 6g. Selain garam meja, semua bumbu dengan kandungan natrium tinggi, seperti kecap, MSG, saus tiram, pasta kedelai, juga harus dikurangi asupannya.

Begitu penderita hipertensi makan terlalu banyak makanan yang mengandung garam, mudah untuk membentuk retensi air dan natrium. Hal ini tidak hanya akan menyebabkan tekanan darah terus meningkat, tetapi juga memiliki bahaya besar bagi kesehatan ginjal.

3. Merokok

Satu batang rokok yang dihisap dapat membuat tekanan darah meningkat selama beberapa menit. Dengan berhenti merokok, itu artinya Anda membantu tekanan darah dalak tubuh Anda kembali normal. Selain itu, berhenti merokok juga dapat mencegah risiko penyakit jantung serta tubuh jadi lebih sehat.

4. Kafein

Peran kafein dalam tekanan darah masih diperdebatkan. Diketahui, kafein mampu meningkatkan tekanan darah mencapai 10 mm Hg pada mereka yang jarang mengkonsumsi kopi. Namun, bagi mereka yang minum kopi teratur, efek pada tekanan darah mereka mungkin hanya sedikit atau bahkan tidak ada.

Demikian informasi mengenai pantangan darah tinggi yang penting untuk diketahui, terutama bagi yang menderita darah tinggi atau hipertensi.



Sumber : Suara

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan dan Pantangan Darah Tinggi yang Perlu Dihindari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel