Overthinking? Begini Cara Tepat Mengatasinya - Berita.Lagioke.Net

Overthinking? Begini Cara Tepat Mengatasinya


Di zaman yang semakin sibuk ini, hari-hari kita dipenuhi oleh tuntutan hidup yang semakin padat. Tidak heran jika semua ini menyebabkan kita jadi  overthinking atau berfikir berlebihan mengenai pekerjaan, hubungan, atau apapun dalam kehidupan. 

Banyak orang yang mulai mencoba berbagai teknik untuk mengatasi overthinking ini, salah satunya dengan afirmasi positif. Meyakinkan diri mereka berkali-kali, bahwa semuanya baik-baik saja dan akan indah pada waktunya. 

Namun, mengutip dari laman Mind Body Green, psikolog klinis Chloe Carmichael, Ph.D., berpendapat bahwa afirmasi mungkin bukan satu-satunya yang paling bisa membantumu menghadapi stres saat ini. Sebaliknya, ia menawarkan teknik penggantian pikiran, yang dapat membantumu setiap kali kamu merasa kegugupan mengambil alih dirimu.

Bagaimana menggunakan teknik penggantian pikiran untuk mengatasinya

Menurut Carmichael, teknik penggantian pikiran adalah cara yang efektif untuk memusatkan dirimu pada hal lain (hal yang logis dan akurat) di saat kamu merasa gelisah.

Misalnya, ketika kamu merasa stres soal pekerjaan atau tugas presentasi. Untuk menghentikan bayangan buruk jika segala sesuatu yang kamu kerjakan bisa salah atau gagal, dia menyarankan untuk mengganti pikiran negatif itu dengan pernyataan yang 100% akurat untuk membuatmu tenang. 

Carmichael menyarankan untuk mengganti pikiranmu dengan pernyataan seperti ini: "Aku telah mempersiapkan diri dengan sangat baik, seperti yang selalu aku lakukan, dan aku dapat menangani hal kecil apapun."

Dengan menggunakan cara ini, maka kamu mengatakan pada diri sendiri apa yang logis dan benar daripada berfokus pada afirmasi yang aspiratif, yang berpotensi membuatmu malah merasa lebih tidak nyaman.

Itulah kenapa ketika kamu mencoba untuk mengganti pikiranmu sendiri, penting untuk memastikan bahwa itu tidak dapat disangkal oleh kenyataan, sehingga otakmu tidak dapat menyangkalnya setiap kali kamu mengatakannya.

Jadi, dengan memastikan bahwa apa yang kamu katakan pada dirimu adalah 100% akurat dan benar. Sebagai contoh, "Aku sudah mempersiapkannya dengan sangat baik", maka kamu bisa mengalahkan pikiran-pikiran negatif yang hanya imajinasi belaka. 

Nah, lain kali saat kamu merasa gugup, kewalahan, atau overthinking terhadap sesuatu kamu bisa menggunakan teknik penggantian pikiran ini, untuk meyakinkan dirimu tentang mana yang logis dan nyata, serta memisahkannya dengan bayangan semata. Semoga bermanfaat!



Sumber : Suara

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Overthinking? Begini Cara Tepat Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel