Real Hero, Dokter Mata Ini Sembuhkan Penglihatan Jutaan Pasien Secara Gratis - Berita.Lagioke.Net

Real Hero, Dokter Mata Ini Sembuhkan Penglihatan Jutaan Pasien Secara Gratis


Menjadi pintar sekaligus baik dan bermanfaat bagi sesama mungkin sudah sangat jarang ditemui pada seorang diri manusia di era dunia ini. Seorang dokter bernama Sanduk Ruit ini salah satunya.

Ruit merupakan dokter asal Nepal. Dia mendapat julukan 'dewa penglihatan' berkat aksi nyatanya membantu pasien-pasien katarak untuk sembuh.

Dikutip dari Cure Blindness, Ruit memiliki minat yang tinggi untuk menolong lebih banyak orang, khususnya kepada mereka yang mengalami kebutaan akibat katarak agar bisa melihat kembali.

Bahkan, dia melakukan pengobatan itu tanpa meminta bayaran sepeser pun alias gratis. Karena itu, julukan 'God of Sight' diberikan kepadanya.

Nama Ruit juga sangat dihormati oleh puluhan ribu warga miskin di Nepal, karena penglihatan mereka pulih berkat Ruit secara gratis. Ruit sangat dihormati karena metode operasi yang ia temukan jauh lebih sederhana, murah, daripada metode konvensional.

Ruit rajin melakukan operasi katarak gratis. Operasi ini lazim disebut kamp mata dan dilakukan maraton beberapa hari. Tim dokter akan datang ke wilayah terpencil. Warga lokal sudah menyiapkan tempat bedah, biasanya gedung sekolah, dan bantuan lain termasuk makanan gratis bagi pasien yang datang.

Sebelum datang, radio-radio sudah menyiarkan bahwa bakal dilakukan operasi katarak gratis. Sekali operasi bisa mengumpulkan pasien sampai 500 orang.

Tak sedikit pasien datang ke lokasi operasi setelah menempuh perjalanan panjang dan berat serta memakan waktu berhari-hari. Ada yang berjalan kaki, bersepeda, motor, dengan bus, atau mesti dipanggul sanak kerabat melewati pegunungan Himalaya di negara yang berbatasan dengan India itu.

Ruit memakai metode sayatan kecil untuk melakukan operasi dengan cepat, sekitar 5 menit untuk setiap pasien. Dia juga dibantu beberapa dokter lain, termasuk dokter asing yang ingin mempelajari metode ringkas namun efektif ala Ruit dalam melakukan operasi.

Dengan metode Ruit, katarak dibuang dari mata dengan dua sayatan kecil tanpa jahitan. Namun, hasilnya efektif, karena pasien bisa melihat kembali setelah operasi. Tercatat, sekitar 3-4 juta orang di dunia ini kembali mendapatkan penglihatannya setelah ditolong oleh Ruit.

Tak hanya itu, dihimpun berbagai sumber Ruit juga pernah dayang ke Indonesia dan melakukan operasi massal dalam tiga waktu berbeda. Dua kali pada 2011 dan mengoperasi sekitar 1.600 masyarakat Indonesia. Terakhir dia menolong 600 penderita katarak di Padang, Sumatera Barat pada 2012.

Kisah Ruit ini kemudian diposting kembali oleh akun @catatanunik di Instagram. Banyak warganet yang mengapresiasi Ruit. (ace)

Sumber: kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Real Hero, Dokter Mata Ini Sembuhkan Penglihatan Jutaan Pasien Secara Gratis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel