Viral Bocah Yatim Jualan di Pinggir Jalanan Solo karena Ibunya Sakit - Berita.Lagioke.Net

Viral Bocah Yatim Jualan di Pinggir Jalanan Solo karena Ibunya Sakit


Kisah seorang siswi kelas 6 SD viral karena berjualan seorang diri di tepi Jalan Adi Sucipto, Karangasem, Laweyan, Solo. Anak yatim itu nekat berjualan untuk membantu ibunya yang sakit-sakitan.

Gadis kecil ini bernama Novia Lestari, siswi SD Paulan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar. Setiap hari dia berjualan makanan ringan dan pakaian anak.


Kisah Novi ini viral setelah diunggah akun Instagram @christsetyawan dan diunggah ulang akun @mlampahsolo. Disebutkan Novi setiap hari datang ke tempat jualannya sendiri menumpang bus Batik Solo Trans (BST).

Kepada wartawan, Novi menceritakan setiap hari libur dia berjualan mulai pukul 09.00 WIB. Namun ketika masuk sekolah, Novi berjualan mulai pukul 11.00 WIB.

"Jualannya kadang sampai jam 17.00 WIB, kadang lebih cepat kalau sudah habis," kata Novi ditemui di tempat jualannya, Jumat (31/12/2021).

Dalam sehari, Novi bisa mendapatkan uang Rp 140 ribu jika dagangannya habis. Namun biasanya dia juga mendapatkan tambahan uang dari orang dermawan hingga Rp 100 ribu.


Novi sudah mulai berjualan sejak beberapa bulan terakhir. Dia mengaku berjualan atas kehendak sendiri, karena ibunya sakit.


"Bapak sudah meninggal waktu saya TK. Ibu sakit-sakitan, vertigo, kalau sehat kerjanya memijat orang. Sebenarnya saya tidak boleh jualan, tapi saya nekat, kasihan ibu saya sakit," ujar dia.


Novi sebenarnya sejak kecil tinggal di Ketelan, Banjarsari, Solo, bersama ibu dan dua saudaranya. Namun rumah tersebut sudah tak layak huni karena sering bocor hingga membasahi seluruh bagian rumah.

"Sejak TK saya tinggal sama simbah di Paulan. Ibu sekarang juga pindah ke Paulan. Tapi kadang-kadang ke Ketelan untuk bersih-bersih rumah," kata dia.


Meski dalam kondisi sulit, Novi masih bercita-cita terus bisa melanjutkan sekolahnya. Bahkan dia ingin mewujudkan cita-citanya menjadi dokter.


"Penginnya ke SMP 1 Colomadu. Cita-citanya pengin jadi dokter," tutupnya.

Sumber: detik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Viral Bocah Yatim Jualan di Pinggir Jalanan Solo karena Ibunya Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel