Viral Pria Unggah Foto Bocah untuk Minta Donasi, Terkuak Ternyata Penipuan - Berita.Lagioke.Net

Viral Pria Unggah Foto Bocah untuk Minta Donasi, Terkuak Ternyata Penipuan


Seorang pria yang mengunggah foto bocah dan meminta pertolongan di malah menuai hujatan publik. Hanya, memang bukan tanpa sebab, terkuak bahwa pria tersebut ternyata melakukan penipuan.

Rangkuman momen tersebut dibagikan akun @infotwitwor_ di Twitter, pada Rabu (23/2/2022). Dalam beberapa foto jepretan layar yang dibagikan, awalnya tampak seorang Baharudin Nugraha mengunggah foto anak-anak di akunnya, @BitchbunnieexX.

Adapun bocah tersebut mengalami pendarahan pada bagian telinganya. Baharudin kemudian menyebutkan bahwa penyebab telinga bocah itu terluka karena kemasukan kelabang.


“Ini tetangga akrab dekat rumah saya, namanya Aditya Winanto. Dari semalam, telinga Adit keluar darah yang cukup banyak. Sekitar jam 7 pagi tadi, dicek puskesmas ternyata ada seekor kelabang di dalam kuping Adit. Iya, betul, kelabang,” ujar Baharudin.

Lanjut Baharudin mengunggah foto kelabang seakan hewan itu sempat masuk ke telinga si bocah. Disertakan pula kisah pilu, menyebut sang ayah sudah meninggal akibat kecelakaan sejak 2018 lalu, sementara ibunya merupakan buruh cuci pakaian.

Unggahan-unggahan tersebut berujung pada Baharudin meminta donasi kepada warganet. Ia mengaku lokasi Adit berada di Cirebon dan kemudian memberikan nomor rekening dari salah satu bank.

“Bila berkenan, mohon bantuan untuk penyembuhan Adit agar bisa normal kembali,” katanya.

Namun, untungnya warganet menyempatkan diri untuk memeriksa nomor rekening bank yang seharusnya punya ibu Adit, tapi nama yang muncul justru laki-laki. Keaslian cerita pun dipertanyakan, dan benar saja bahwa kisahnya hanya bohong belaka.

Dari sana terkuak bahwa peristiwa telinga balita dimasuki kelabang sudah terjadi pada 2015 silam dan sempat diliput oleh beberapa media. Foto dalam berita persis seperti yang digunakan oleh si penipu.

“Please do your magic berujung tipu-tipu,” tulis akun @infotwitwor_ dalam keterangan unggahannya.

Seketika unggahan tersebut , direspons oleh puluhan ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang geram dan mengimbau agar berikutnya memeriksa keaslian cerita di Twitter terlebih dahulu,

“Sekarang kalau ada Twitter please do your magic emang baiknya dicek dulu, gak, sih. Sudah banyak banget yang memanfaatkan dan nipu gini. Kasian kalau emang yang beneran butuh twitter's magic,” sebut akun @casisasar.

Ada juga yang merespons bahwa identitas yang digunakan si penipu itu juga palsu. Nama hingga foto Baharudin yang digunakan oleh sang penipu ternyata adalah milik orang lain bernama dan foto serupa.

“Akun fakeeeee. Lo ngapa pake ava muka temen gue. Babic,” sebut akun @Nunkocitorojoyo sambil mengunggah bukti percakapan dengan Baharudin yang asli. (bob)

Sumber: kumparan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Viral Pria Unggah Foto Bocah untuk Minta Donasi, Terkuak Ternyata Penipuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel