Sederet Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Ada yang dari Asia Tenggara - Berita.Lagioke.Net

Sederet Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Ada yang dari Asia Tenggara


Berbagai negara pernah mengalami pahit dan hancurnya dijajah oleh sebuah negara. Sebut saja Indonesia. Negeri kita ini pernah dijajah oleh negara-negara maju. Mulai dari Portugis, Spanyol, Prancis, Belanda, Inggris, hingga Jepang.


Tapi, tahukah kamu ada negaranya yang tidak pernah dijajah, loh. Bahkan, negara-negara tersebut masih kokoh berdiri dan memiliki pemimpin hingga saat ini. Tidak hanya itu saja, sebuah negara yang berada di asia tenggara  atau tetangga Indonesia ternyata juga tidak pernah mengalami masa penjajahan.

Bahkan, negara-negara kecil hingga jarang didengar juga mengalami hal yang sama. Nah, berikut negara yang belum pernah mengalami pahitnya masa penjajahan.

Jepang

Jepang merupakan negara asia terkuat pada zaman dulu dan merupakan musuh bebuyutan Amerika Serikat. Negeri Sakura ini sama sekali tidak pernah dijajah negara lain.


Jepang

Jepang merupakan negara asia terkuat pada zaman dulu dan merupakan musuh bebuyutan Amerika Serikat. Negeri Sakura ini sama sekali tidak pernah dijajah negara lain.


Negara yang juga dijuluki Matahari Terbit tersebut malah menjajah banyak negara termasuk Indonesia.

Hingga kemudian, setelah peristiwa bom atom di Nagasaki-Hiroshima, Jepang kemudian meninggalkan negara jajahan mereka dan menyatakan menyerah dari musuh bebuyutan mereka tersebut.


Tiongkok

Sebelum menjadi negara maju, Tiongkok ternyata belum pernah dijajah oleh negara manapun. Negara yang kini dipimpin oleh Presiden Xi Jinping itu menjadi salah satu negara Asia yang belum merasakan pahitnya hidup di masa penjajahan.


Dikabarkan, penyebab Negeri Tirai Bambu tersebut tidak dijajah negara maju lantara kala itu Tiongkok disebut sangat bersahabat dengan negara-negara maju. Mulai dari Jepang, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, hingga Jerman.

Dulunya, kelima negara yang sangat berkuasa tersebut memiliki hubungan cukup baik dengan Tiongkok terutama dalam kerjasama perdagangan.


Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara ketiga Asia yang sama sekali tidak pernah merasakan masa penjajahan.


Sebab, wilayah Negara Timur Tengah ini dulunya mayoritas gurun tandus. Tak ayal, keenam negara di atas dianggap tidak tertarik menjajah Negeri Minyak tersebut.


Thailand

Kamu jangan kaget jika Thailand yang merupakan negara tetangga Indonesia ternyata sama sekali tidak pernah dijajah. Bahkan, negara ASEAN tersebut juga tidak pernah mengalami pahitnya hidup di masa penjajahan yang kala itu didominasi lima negara kuat.


Menurut berbagai sumber, Jepang, Prancis, Amerika Serikat, Inggris hingga Jerman, tidak tertarik menginjakkan kaki mereka di Thailand karena mayoritas wilayah di Negara Gajah Putih itu disebut tidak subur.

Selain itu, ada juga yang menyebut, pemerintah Thailand juga berhubungan baik dengan kelima negara tersebut alias tidak menutup diri dengan negara-negara asing.


Bhutan

Bhutan juga merupakan negara Asia berikutnya yang belum pernah dijajah negara asing. Uniknya, negara ini dulunya dikabarkan tidak banyak diketahui oleh negara-negara penjajah yakni Jepang, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, hingga Jerman.


Selain itu, Bhutan juga dikabarkan kala itu masih merupakan daerah terpencil. Tak ayal, kelima negara tersebut juga tidak tertarik menjajah negara yang berada di Asia Selatan tersebut.


Nepal

Negara yang terletak di Asia Selatan yakni Nepal juga merupakan negara Asia kesekian yang belum pernah merasakan masa penjajahan.


Bahkan, negara sekelas Jepang dan Amerika Serikat disebut tidak berani mengirim pasukan mereka ke negara yang dulunya berbentuk kerajaan tersebut.

Disebutkan, kala itu, Nepal ternyata berhubungan baik dengan salah satu negara kuat alias penjajah yakni Inggris. Hal itulah negara-negara penjajah lainnya termasuk Jepang, Prancis, Amerika Serikat, dan Jerman, tidak menjajah negara yang kini dipimpin Presiden Bidya Devi Bhandari itu.


Denmark

Berikutnya, Denmark yang berada di Eropa Utara ini juga merupakan satu dari sekian negara di dunia yang tidak pernah dijajah. Bahkan, uniknya, negara Skandinavia ini ternyata juga tidak pernah menjajah negara lain.


Menurut berbagai sumber, negara yang kini berpenduduk lebih dari 5 juga orang ini disebut merupakan negara netral pada Perang Dunia I dan tidak mau ikut campur dengan negara lain.


Ethiopia

Kamu jangan kaget jika negara yang berada di Afrika Timur ini tidak pernah dijajah negara lainnya alias tidak seperti negara Afrika pada umumnya. Dikabarkan, negara berpenduduk 115 juta orang ini ternyata dulunya merupakan negara paling kuat di benua Afrika.


Bahkan, disebutkan para pasukan Ethiopia pernah menggagalkan upaya Italia untuk melakukan penjajahan pada tahun 1896. Namun, percobaan tersebut gagal total lantaran para pasukan Negeri Pizza itu banyak berguguran dan terpaksa mundur atau peristiwa ini sering disebut 'Battle of Adwa'.

Itulah negara-negara yang belum pernah merasakan pahitnya masa penjajahan. Bahkan, negara kecil sekelas Bhutan ternyata merupakan satu dari sekian negara yang tidak pernah dijajah lima negara kuat yakni Jepang, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sederet Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Ada yang dari Asia Tenggara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel